Lihat ke Halaman Asli

Usi Sulastri

Content Writer

Tingkatkan Kualitas Pendidikan dan Literasi, Kelompok 26 KKN UNS Benahi Perpustakaan di Dua Sekolah Melalui Program "PoLiSI"

Diperbarui: 21 Agustus 2024   20:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kelompok 26 KKN UNS/dokumentasipribadi

Boyolali, Kompasiana - Mahasiswa dari kelompok 26 KKN Universitas Sebelas Maret (UNS)  yang bertugas di Desa Kragilan, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali membuktikan bahwa mereka dapat memberikan kontribusi nyata di masyarakat, khususnya di bidang pendidikan dan literasi. 

Dengan mayoritas anggotanya yang berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), kelompok ini menyalurkan kapabilitas mereka dengan salah satu program kerja bernama "PoLiSI" (Pojok Literasi Seru dan Informatif). 

Program kerja ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas perpustakaan dengan mengatasi berbagai permasalahan yang ada di perpustakaan sekolah.

"Kami ingin meningkatkan kualitas di bidang pendidikan dan literasi, sehingga kami memulainya dari memperbaiki kualitas perpustakaan sekolah," ujar Rifki Muhammad Hafizh selaku ketua kelompok KKN.

Program kerja ini dilaksanakan pada minggu kedua sampai minggu keenam periode KKN.

Pelaksanaan program kerja dimulai dengan observasi ke berbagai sekolah di Desa Kragilan di mana tim mahasiswa mendapati terdapat 2 sekolah yang memerlukan pemberdayaan perpustakaan, yakni SD Negeri Kragilan 2 dan MI Nurul Ihsan. 

Kedua sekolah tersebut memiliki permasalahan yang berbeda di mana SD Negeri Kragilan 2 terkendala dalam hal pengelolaan dan perawatan perpustakaan, sementara MI Nurul Ihsan mengalami kekurangan buku di perpustakaannya.

Untuk mengatasi 2 masalah yang berbeda ini, tim KKN melakukan dua kegiatan terpisah di SD Negeri Kragilan 2 dan MI Nurul Ihsan. 

Di SD Negeri Kragilan 2, tim KKN melakukan kegiatan pengelolaan perpustakaan yang berlangsung dari minggu kedua sampai minggu ketiga periode KKN. 

Kelompok 26 KKN UNS/dokumentasipribadi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline