Lihat ke Halaman Asli

Beginilah Kursus Menjahit di Amerika

Diperbarui: 4 Mei 2016 ย  16:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Mamih, si Unyil bentar lagi masuk sekolah, Mamih mau ngapain nanti di rumah? Kesel ntar di rumah terus nggak ada temen main," kata si Papah. "Mih, ambil kursus-kursus atau apalah biar gak bosen daripada ngelamun terus ntar stres terus bunuh diri, kan Papah yang repot kalo Mamih mati di Amerika sini. Ongkos kirim mayat ke Indonesianya mahal, Mih."

"Iya, Pah, Mamih mau ngambil kursus cara bikin mumi aja, dan Papah akan jadi bahan percobaan Mamih yang pertama. Biar Papah nggak usah repot-repot kirim mayat mamih ke Indonesia karena papah bakal udah mati duluan," jawab saya.

"Serieus Mih, mau kursus apa? Mau kursus pilates, yoga, menari atau renang atau apa?"ย 

"Ya, Papih, ini Mamih juga serius mau ngambil kursus bikin mumi."

"Mih, please deh."

"Kursus jahit aja Mamih mah yang gampang, Pih kalau begitu. Gak minat sama menari-nari begitu, ntar keseleo, tulang pinggang patah, leher remuk, mati ujung-ujungnya. Sengaja ya nawarin kursusan yang bakal bikin celaka Mamih? Biar Mamih cepet mati, terus Papih bisa kawin lagi sama janda sebelah?"

"Mamih, jangan ngaco. Semua janda di sini udah pada tua semua, nggak bakal ada yang mau sama Papih. Kalau Papih sih mau-mau aja, biar gak nunggu lama-lama, bentaran lagi juga mereka pada is dead, lumayan kan kaya-kaya tuh, ntar Papih yang dapat warisannya. Tapi kalau Mamih serius mau kursus jahit, ย Ya, udah ntar kita main-main ke tempat kursus jahitnya ya, sekarang lihat-lihat aja dulu di Google kira-kira tempat kursus jahit yang deket di mana."

Dan ditemukanlah sebuah tempat kursus menjahit itu. Setengah jam dari tempat kami. Ya, itulah yang terdekat. Maklum kita hidup di hutan, jadi itulah tempat terdekat yang bisa kita temukan. Beberapa hari kemudian, kita mengunjungi tempatnya.ย 

[caption caption="Kelas Menjahit dok.pri"][/caption]Sebuah ruko Kecil yang terdiri dari 5 ruangan kecil yang berfungsi sebagai 3 ruang kelas, lobby, ย dan wc. Bersih dan rapi. ย Selain kelas menjahit, mereka juga punya kelas untuk menyulam dan kerajinan tangan. Kelas Menjahit terdiri dari beberapa level dengan harga yang berbeda-beda:

  • Beginner $225
  • Intermediate $230
  • Intermediate II $230
  • Advanced $250
  • Advanced II $250

Kalau dulu waktu sekolah ada mata pelajaran Keterampilan Menjahit dan kami dituntut untuk membuat pola, maka di Kursus Menjahit tingkat Pemula atau Beginner ini, kita tidak perlu menghitung dan membuat pola, karena pola bisa dibeli langsung di toko-toko kerajinan tangan seperti Jo Ann atau Wal Mart juga punya. Enak ya nggak ngitung-ngitung? Yang susah itu kan itungannya. Di kelas Pemula kita akan membuat celana piyama dan rok sederhana dan bila memungkinkan mungkin membuat sarung bantal dengan membawa bahan sendiri.ย 

[caption caption="Resepsionis Kelas menjahit. Dok.pri"]

[/caption] Untuk kelas Pemula ini lamanya belajar adalah dua jam dengan 8 kali pertemuan jadi totalnya 16 jam pertemuan. Kelas bisa diambil pada hari biasa atau weekend. ย 
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline