Lihat ke Halaman Asli

Uswatul Fitriyah Osadi

Instagram @pesan.us

Teori Piaget vs Teori Vygotsky's

Diperbarui: 15 Maret 2016   18:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Siapa Piaget dan siapa Vygotsky?
Teori perkembangan anak yang ditulis dan dipahami oleh Piaget ataupun Vygotsky sangat bermanfaat, tapi apa yang membedakan dari teori Piaget dan teori Vygotsky? Mana yang paling menonjol? Apakah teori Piaget? Atau Teori Vygotsky?

Piaget yang mempunyai nama lengkap Jean Piaget adalah seorang psikolog dan pendidik berkebangsaan Swiss yang terkenal dengan teori perkembangan kognitif anak. Sedangkan Vygotsky yang mempunyai nama lengkap Lev Semenovich Vygotsky juga seorang psikolog yang berasal dari Rusia dan dikenal juga karena teorinya tentang perkembangan anak. Meskipun teori Piaget dan Vygotsky sebenarnya keluar bersamaan tetapi yang paling dikenal adalah teori Piaget dan anehnya teori Vygotsky lebih banyak dikembangan dan dipraktekkan, mungkin saja orang tua lebih bisa memahami teori Vygotsky.

Ada banyak perbedaan perkembangan kognitif antara teori Piaget dan teori Vygotsky, antara lain:

1. Yang paling membedakan antara teori Piaget dengan teori Vygotsky adalah masalah sosial dan lingkungan anak, menurut Piaget konteks sosial dan kurtural kurang ditekankan tetapi berbeda dengan Vygotsky, ia sangat menekankan bahwa bantuan dan dukungan dari orang sekitar atau kulturan beserta interaksi sosial sangat dibutuhkan untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak itu sendiri.
2. Tahap-tahap perkembangan kognitif yang digunakan oleh Piaget adalah memberi penekanan yang kuat pada tahap sensorimotorik (0-2tahun), praoprasional (2-7tahun), operasional kongkrit (7-11tahun), dan operasional formal (11–dewasa) sedangkan, Vygotsky tidak mempunyai tahap-tahap perkembangan khusus seperti Piaget.
3. Dalam perkembangan kognitif juga sangat membutuhkan proses-proses agar dapat tercapai, proses yang digunakan Piaget adalah skema, asimilasi, akomodasi, operasi, konservasi, klasifikasi, dan penalaran hipotesis-deduktif. Tetapi proses yang digunakan oleh Vygotsky adalah zone of proximal development, bahasa, dialog, dan sejumlah pelengkap budaya. Interaksi sosial dan lingkungan memang sangat berpengaruh dalam proses perkembangan kognitif ini menurut Vygotsky.
4. Peran bahasa yang dalam teori Piaget memiliki peran yang minimal dan jarang diterapkan karena lebih mengutamakan kognisi. Berbeda dengan Vygotsky, peran bahasa dalam teorinya sangat berpengaruh bahkan lebih utama karena menurutnya bahasa memainkan peran penting dalam membentuk pikiran anak.
5. Pandangan megenai pendidikan menurut Piaget hanya cara menghaluskan ketrampilan kognitif anak yang telah muncul, maksudnya Pendidikan hanya membantu atau lanjutan untuk megembangkan kognitif anak. Teori Vygotsky sangat berlawanan dengan teori Piaget tentang pendidikan. Vygotsky berpendapat bahwa pendidikan memainkan peran penting untuk membantu anak-anak mempelajari perkembangan atau perlengkapan budaya yang mereka tinggali, jadi pendidikan sangat membantu anak untuk bisa berinteraksi dengan lingkungannya.

Dari penjabaran perbedaan teori Piaget dan Vygotsky sangat terlihat jelas bahwa Vygotsky memang lebih mengutamakan pendekatan sosial dan lingkungan daripada teori Piaget. Tetapi dari perbedaan-perbedaan diatas, antara teori Piaget dan teori Vygotsky mempunya kesmaan yaitu peran guru yang bertindak sebagai pembimbing, pengarah dan dukungan bagi anak-anak untuk lebih berkembang dan maju.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline