Lihat ke Halaman Asli

Urip Widodo

Write and read every day

Suka Duka KPPS, Ada Tiga Tipe Pemilih

Diperbarui: 14 Februari 2024   06:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Petugas KPPS membagikan undangan / Sumber: radarlombok

Beberapa hari yang lalu saya menulis artikel dengan judul Petugas KPPS dan Segala Permasalahannya.

Tulisan itu didasari curahan hati saya yang kembali diminta untuk menjadi petugas KPPS, setelah di Pemilu sebelumnya, tahun 2019.

Curhatan saya terkait kekhawatiran tidak terlaksananya pemilu sesuai harapan, karena petugasnya banyak yang baru (belum pengalaman jadi petugas KPPS), bimbingan teknis (bimtek) yang cuma beberapa jam, dan anggaran pembuatan TPS yang belum jelas, besarnya dan kapan carinya.

Tak disangka, artikel tersebut dinilai oleh Kompasiana layak mendapat titel Artikel Utama. Mungkin karena apa yang saya tulis related dengan situasi saat ini.

Menjadi anggota KPPS sepertinya sekarang sedang nge-trend. Di Facebook banyak grup petugas KPPS, dan diskusinya cukup ramai.

Alhamdulillah, di tempat saya, H-5 dana untuk pembuatan TPS cair. Saya dan enam petugas KPPS lainya kembali bersemangat. Langsung mengadakan pertemuan untuk membicarakan apa saja yang dibutuhkan.

Selain dana untuk TPS, di H-5 pun kami mendapat tugas untuk membagikan surat undangan memilih atau yang disebut 'Model C Pemberitahuan', kepada calon pemilih yang terdaftar di DPT (daftar pemilih tetap) TPS tempat kami bertugas.

Ada 298 pemilih di DPT. Artinya ada 298 lembar surat undangan yang harus dibagikan. Karena TPS saya meliputi tiga RT, maka 298 undangan itu kita bagi tiga. Saya kebagian satu RT, perumahan tempat saya tinggal. 

Nah, cerita membagikan surat undangan ini yang akan saya tulis di artikel ini.

Berdasarkan respon warga (pemilih) saat menerima surat undangan, saya mengklasifikasikan menjadi tiga tipe pemilih, yaitu:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline