Lihat ke Halaman Asli

Urip Widodo

Write and read every day

10 Kebiasaan yang Mengganggu Kehagiaan Anda

Diperbarui: 7 Desember 2023   10:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: cnnindonesia

Kita semua terus-menerus mengejar kebahagiaan. Setiap hari kita membuat pilihan dalam hidup yang memengaruhi perasaan dan pemikiran kita untuk bahagia. Namun, selalu saja ada hal yang mengganggu kebahagiaan kita. Salah satunya adalah kebiasaan buruk.

Ada 10 kebiasaan buruk yang harus dihindari supaya tidak mengganggu kebahagiaan kita.

1. Terus-Menerus Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Godaan untuk membandingkan diri kita dengan orang lain sangatlah besar. Namun, terus menerus membandingkan diri kita dengan orang lain akan memunculkan rasa rendah diri atau minder. Bahkan dapat menjauhkan kita dari sikap bersyukur.

Memang, sangat mudah memandang orang lain dan berpikir bahwa mereka memiliki karier yang sempurna, hubungan yang bahagia, menghasilkan lebih banyak uang, atau tampak lebih menarik.  Namun perbandingan tidak pernah adil, karena kita semua adalah manusia yang unik, dengan bakat dan sifat masing-masing.

Saat membandingkan diri Anda dengan orang lain, cobalah menyeimbangkan persepsi Anda.  Ingatkan diri Anda bahwa kita semua adalah manusia. Tidak ada seorang pun yang sempurna.

2. Tidak Menghargai Apa yang Dimiliki

Bagaimanapun keadaan hidup Anda, ada banyak hal yang dapat kita syukuri. Setiap hari kita bangun tidur adalah kesempatan untuk berusaha mencapai tujuan kita, melayani orang lain, dan menemukan semua kegembiraan kecil dalam hidup.  Ketika kita tidak bersyukur, kita mengabaikan pentingnya dan nilai dari semua yang kita miliki.

Rasa syukur mengubah hidup kita, mengalihkan fokus kita dari apa yang tidak dimiliki ke arah betapa indahnya hidup kita. Rasa syukur akan mengurangi stres, membawa ketenangan pikiran dan membuat kita lebih kuat dan peduli.

3. Membiarkan Rasa Takut dan Benci Mengendalikan Anda

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline