Lihat ke Halaman Asli

Urip Widodo

Write and read every day

Berperang Bukan karena Emosi

Diperbarui: 25 November 2023   09:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: sindonews

Di antara orang-orang yang pertama kali menerima dakwah Rasulullah adalah Ali bin Abi Thalib. Padahal usianya saat baru sepuluh tahun. Selain memiliki sifat berani, Ali bin Abi Thalib pun dikenal sebagai pemuda yang berakhlak mulia. Bahkan dalam suasana berperang pun Ali bin Abi Thalib selalu menjaga akhlaknya. 

Dalam satu pertempuran yang seru antara pasukan Muslim dan kafir Quraisy, Ali bin Abi Thalib mendapat lawan yang setimpal, dari sisi usia maupun kemampuan bermain pedang. 

Keduanya telah hampir setengah jam bertarung. Namun, duel antara keduanya belum menunjukkan mana yang lebih unggul, atau siapa yang bakal kalah. 

Ali bin Abi Thalib yang menggunakan pedang Dzulfikar terus berusaha mendesak lawannya. Begitupun dengan pemuda Quraisy. Tak mau kalah, pedangnya diayunkan ke kanan ke kiri berusaha menekan Ali.

Namun, Ali merasa menemukan kesempatan baik, saat pedang lawannya terselip di ujung pedang Dzulfikar. Pedang Dzulfikar memang berbeda dengan pedang pada umumnya. Ujungnya tidak runcing, melainkan terbelah dua beberapa senti. 

Ali bin Abi Thalib tidak ingin membuang kesempatan, pedang Dzulfikar dia hentakkan dengan sekuat-kuatnya sehingga pedang lawan terlepas dari tangannya. Sedetik si pemuda Quraisy kaget pedangnya terlepas, dan tanpa sadar matanya menatap pedangnya yang terlempar ke atas. 

Di detik itu pula Ali bin Abi Thalib memiliki kesempatan baik untuk menendang dengan kuat dada lawannya dengan kaki kanannya.

Si pemuda Quraisy pun terjengkang ke belakang. Tanpa membuang waktu Ali bin Abi Thalib langsung menghampiri lawannya yang terlentang di tanah. Ali pun menginjak dada musuhnya dengan kaki kanannya seraya tersenyum. 

Dengan kedua tangannya Ali bin Abi Thalib mengangkat tinggi-tinggi pedang Dzulfikar yang akan diarahkan untuk memenggal kepala si pemuda Quraisy. 

Namun, "Cuihhh!" Sesaat sebelum Ali bin Abi Thalib mengayunkan pedang Dzulfikar-nya, si pemuda Quraisy meludahi muka Ali. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline