Lihat ke Halaman Asli

Urip Widodo

Write and read every day

Fokus, Sumber Kekuatan

Diperbarui: 2 Februari 2023   07:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Google vs Yahoo/sumber: curvearrocom


Kita sering membaca atau mendapat nasihat bahwa kalau ingin sukses maka kita harus FOKUS. Secara sederhananya fokus maksudnya memusatkan perhatian pada satu hal saja. Satu hal itu bisa berarti tujuan, keinginan, atau yang lainnya.

Kalau tidak fokus, maka (perhatian) kita akan kemana-mana, tidak jelas, sehingga hasilnya pun tidak maksimal.

Sebagai contoh fokus itu mengandung kekuatan walaupun sederhana adalah apa yang dilakukan Google.

Coba saja lihat tampilan situs Google. Apa yang Anda lihat? Kalau kita buka Google maka kita akan menemukan layar putih doang (alias kosong) dan ada kotak kecil di tengahnya untuk mencari sesuatu. Google fokus pada mesin pencarian. Hanya kotak kecil di tengah layar saja.

Namun, justru si kotak kecil ini jadi pavorit. Hampir setiap orang, di seluruh dunia, saat berselancar di dunia maya, pasti 'mampir' ke situsnya Google.

Saya yakin, siapa pun yang mencari informasi saat ini, dipastikan akan mencarinya di kotak kecil tersebut. Anak saya saja, yang masih SD (Sekolah Dasar) mencari jawaban PR (Pekerjaan Rumah)nya di Google.

Anda bisa bandingkan dengan tampilan Yahoo. Di Yahoo semua dijual, ketika kita buka Yahoo maka ada kotak pencarian, ada perkiraan cuaca, ada berita gosip artis, ada berita olahraga, ada informasi saham, buaaanyak sekali.

Ada cerita menarik antara Google dan Yahoo ini. Konon, di tahun 1998 Yahoo menolak membeli Google seharga $ 1Juta Dolar. Lalu, di tahun 2002 Yahoo menyadari kesalahannya,  dan ingin membeli Google seharga $ 3Miliar Dolar. Tapi Google menolak. Mereka mematok harga $ 5Miliar Dolar. Yahoo tidak mau (sanggup).

Tahun 2008 Yahoo menolak dibeli oleh Microsoft senilai $ 40Miliar Dolar. Entah karena ke-PD-an mungkin. Akibatnya, di tahun 2016 Yahoo mengalami bangkrut dan akhirnya dijual ke Verizon cuma seharga $ 4,6 Miliar Dolar.

Mengapa Yahoo kalah dan Google Menang?
Fokus!

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline