Lihat ke Halaman Asli

Urip Widodo

Write and read every day

10 Manfaat Membaca Buku Setiap Hari

Diperbarui: 24 Maret 2022   14:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: katadatacom

Membaca masih merupakan aktivitas yang dianggap hanya untuk golongan elite. Membaca belum dijadikan kebutuhan, maka tak heran kalau indeks membaca masyarakat Indonesia masih rendah.

Perpustakaan Nasional (Perpusnas) pernah melakukan survei pada Maret-November 2020 tentang indeks kajian membaca. Survei melibatkan 10.200 responden di 34 provinsi yang bertujuan mengukur frekuensi membaca, durasi membaca, dan jumlah buku yang dibaca.

Hasilnya, Perpusnas mencatat indeks kegemaran membaca Indonesia sebesar 55,74 atau masuk kategori sedang. Skor tersebut naik 1,9 poin dari 2019 yang sebesar 53,84. Pada 2020 itu, rata-rata kegiatan membaca masyarakat Indonesia empat kali dalam sepekan. Durasi membaca rata-rata sekitar 1 jam 36 menit per hari. Adapun, jumlah buku yang dibaca rata-rata dua buku per tiga bulan.

Banyak hal yang menyebabkan indeks membaca kita masih di kategori sedang. Selain harga buku yang masih dianggap mahal, hadirnya media-sosial, aplikasi video, dan aplikasi messenger menjadi penghalang masyarakat untuk membaca.

Padahal membaca banyak sekali manfaatnya. Supaya kita termotivasi untuk menyukai membaca, berikut ini 10 manfaat dari membaca.

1.         Menambah pengetahuan

2.         melatih otak

3.         meningkatkan fokus

4.         Memperkuat memori

5.         Menikmati hiburan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline