Lihat ke Halaman Asli

Urip Widodo

Write and read every day

Sosok Pemimpin Ideal

Diperbarui: 10 Februari 2022   15:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: fiqihislamcom

Pilpres 2024 masih dua tahun lagi, tetapi hawa panas kompetisi sudah mulai terasa. Bisa dirasakan dengan munculnya tayangan hasil survey kandidat dari berbagai lembaga survey, atau dengan bertebarannya baliho-baliho raksasa bergambar potret kandidat dengan senyum terbaiknya.

Pemilihan presiden memang sesuatu yang istimewa. Karena di momen inilah nasib bangsa dan negara, setidaknya lima tahun kemudian, ditentukan. Sosok Presiden sangat vital, sehingga menarik dan penting untuk mengetahui dan kemudian menginginkan sosok yang ideal sebagai presiden (pemimpin).

Bagi seorang Muslim, tidak ada lagi referensi untuk digunakan sebagai acuan mencari sosok pemimpin ideal tersebut, selain Al-Quran dan Hadis. Oleh karenanya, sangat perlu untuk mengetahui dan mentadaburi ayat-ayat Al-Quran yang berkenaan dengan kriteria pemimpin ideal.

Ada empat kriteria pemimpin ideal yang disebutkan di Al-Quran, yaitu:

Qawiyyun Amiin 

Al-Quran surat al-Qashash ayat ke-26, Allah Swt berfirman,

"Qaalat ihdaahumaa yaa abati ista'jirhu inna khayra mani ista'jarta alqawiyyu al-amiin(u)".

(Salah seorang dari kedua wanita itu berkata: "Ya bapakku ambillah ia sebagai orang yang bekerja (pada kita), karena sesungguhnya orang yang paling baik yang kamu ambil untuk bekerja (pada kita) ialah orang yang kuat lagi dapat dipercaya".)

Menurut Tafsir Al-Mukhtashar pengertian Qawiyyun Amiin adalah:

"Dengan kekuatannya dia menjalankan tugas yang dibebankan kepadanya dan dengan amanat dia menjaga apa yang diamanatkan kepadanya."

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline