Lihat ke Halaman Asli

Urip Widodo

Pensiunan yang ingin terus menulis

Pemimpin yang Dirindukan

Diperbarui: 8 Desember 2020   05:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sindonews

Suatu hari Khalifah Umar bin Khaththab berkuthbah di atas mimbar memberikan beberapa nasihat kepada kaum Muslimin. Ketika beliau mengatakan, "Wahai kau Muslimin, dengarkanlah dan taatilah ...."

Tiba-tiba Salman al-Farisy berdiri dan berteriak, "Tidak! Tidak ada kewajiban untuk taat sebelum engkau menjelaskan, kenapa engkau tidak berlaku adil."

Hadirin kaget akan tindakan Salman.

Apalagi Khalifah Umar. Kaget mendapat interupsi dari Salman al-Farisy yang orang Persia dan bukan orang Arab. Lebih kaget lagi karena tidak tahu, apa yang dimaksud dengan tidak berbuat adil.

Khalifah Umar dengan lembut, tanpa ada perubahan emosi, kemudian bertanya, "Apa yang ingin kau sampaikan wahai Salman?"

"Aku lihat Engkau, wahai Amirul Mukminin memakai baju dari kain ghanimah yang dibagikan kemarin?" Tanya Salman.

Umar melirik baju yang dikenakannya. "Betul ini Salman. Lalu apa yang salah?"

"Terlihat engkau tidak berbuat adil," tegas Salman. "Kain ghanimah harusnya dibagikan sama rata, baik engkau sebagai khalifah maupun kami sebagai rakyat. Tapi aku lihat engkau mendapatkan kain lebih besar dari yang kami terima. Engkau bertubuh besar dan tinggi, berarti engkau menggunakan kain lebih banyak."

Umar tersenyum lalu memanggil anaknya, Abdullah. "Wahai anakku! Ceritakanlah kepada mereka, kenapa aku menggunakan kain lebih besar dari yang mereka dapatkan."

Abdullah bin Umar pun kemudian menjelaskan. "Wahai Salman dan saudara-saudaraku semuanya. Sesungguhnya ayahku mendapatkan bagian kain sama besar dengan yang kalian dapatkan. Namun, karena tinggi tubuh ayahku ini besar dan tinggi, kain itu tidak cukup untuk dibuat baju. Oleh karenanya, aku berikan jatahku pada ayahku, supaya kainnya cukup."

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline