Identifikasi Masalah Kelas VI SDN 05 Batu Bedinding
No.
Jenis Permasalahan
Masalah yang Diidentifikasi
Analisis Identifikasi Masalah
1
pedagogik, literasi, dan numerasi.
- Belum terciptanya suasana pembelajaran yang menyenangkan di kelas
- Rendahnya motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran
- Peserta didik kurang berminat dalam membaca secara mandiri
- Rendahnya kemampuan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran
- Rendahnya kemampuan peserta didik hafal/ingat dengan konsep dasar perkalian matematika
- Pedagogik
- Terlihat dari beberapa peserta didik yang sibuk dengan teman sebangkunya ketika guru menjelaskan materi pembelajaran
- Ketika pembelajaran berlangsung, guru lebih fokus menjelaskan materi saja tanpa mengajak peserta didik untuk berinteraksi satu sama lain.
- Peserta didik kurang semangat mengikuti pembelajaran
- 90 % peserta didik hanya diam saat diberi kesempatan untuk bertanya kembali mengenai materi pembelajaran
- Beberapa peserta didik terlihat lesu/bosan ketika guru menjelaskan materi pembelajaran
- Literasi
- Sebagian besar Peserta didik tidak membiasakan membaca materi pelajaran maupun nonpelajaran di rumah
- Tidak tersedianya pojok baca di ruang kelas VI
- Belum tersedianya ruang perpustakaan di sekolah
- Sebagian besar Peserta didik tidak dapat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru
- Peserta didik cenderung membaca secara terburu-buru
- Peserta didik membaca dengan cepat sehingga kurang memahami isi bacaan
- Beberapa peserta didik berbicara dengan teman sebangku ketika guru menjelaskan materi pembelajaran
- Numerasi
- 95 % Peserta didik lupa dengan perkalian dasar 1 sampai 10.
- Peserta didik jarang mengasah kemampuan hapalan mereka
- Guru hanya menyuruh anak menghapal perkalian dasar 1-10 tanpa memberikan cara lain agar dapat mempertahankan hapalannya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H