Lihat ke Halaman Asli

Dampak Media Kartu Pasangan dalam Pembelajaran

Diperbarui: 9 Desember 2022   16:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, saya sebagai guru biasanya mengajar secara langsung cukup dengan menggunakan sumber bahan pelajaran berupa buku serta hanya mengaitkan dunia nyata dalam pembelajaran khususnya pembelajaran Matematika terkait materi lingkaran. Setelah sekian lama pembelajaran tidak bertatap muka dimana kurang lebih 2 tahun karena adanya covid 19 membuat pembelajaran di kelas terasa berbeda. Saat sekolah kami mulai membolehkan pembelajaran dilaksanakan secara tatap muka di sekolah pada awal tahun ajaran 2021/202, di kampung yang jauh dari hal-hal terkait covid-19.

 Selama mengajar di kelas VI, tahun pertama saya mengajar Matematika materi keliling lingkaran, hanya memberikan contoh lingkaran, keliling lingkaran dengan melakukan tanya jawab secara langsung tentang materi lingkaran, kemudian menjelaskan dan langsung memberikan tugas terkait keliling lingkaran, saat pembelajaran peserta didik terlihat tidak antusias dalam belajar, bahkan ada yang terlihat mengantuk saat saya menjelaskan padahal materi keliling lingkaran masih tergolong pembelajaran yang cukup mudah dari materi pembelajaran Matematika lainnya, hal ini membuat saya berpikir apa yang menyebabkan mereka tidak antusias dan tidak semangat dalam belajar.

Akhirnya berdasarkan masalah di kelas saya yang terlihat tidak semangat dan tidak antusias dalam belajar khususnya pembelajaran Matematika materi keliling lingkaran, saya mencoba mencari cara salah satunya bertanya kepada guru senior yang sudah berpengalaman mengajar di kelas VI, saya mendapatkan jawaban bahwa setidaknya dalam pembelajaran Matematika khususnya materi keliling lingkaran, anak-anak perlu disuguhkan dengan media pembelajaran.

Hal ini membuat saya mencoba membuat media gambar dengan bantuan menggunakan laptop serta mencari strategi pembelajaran yang dapat membuat peserta didik saya aktif dalam pembelajaran Matematika khususnya materi keliling lingkaran.

Saya membuat media lingkaran yang terdapat keterangan unsur-unsur dari lingkaran serta menggunakan strategi pembelajaran mencari pasangan dengan bantuan kartu soal dan jawaban yang harus dicocokkan peserta didik dalam pembelajaran tersebut.

Hal yang saya dapatkan bahwa dengan bantuan media pembelajaran dan strategi mencari pasangan dapat mebuat peserta didik saya yang sbelumnya kurang semangat dalam pembelajaran Matematika terlihat sangat semangat dalam mencari pasangan soal dan jawaban, serta nilai pembelajaran matematika materi keliling lingkaran menjadi meningkat dari yang sebelumnya.  




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline