Lihat ke Halaman Asli

Uray Andre Baharudin S. Tr. Pi

Saya seorang freelancer penulis, yaitu sebagai seorang profesional ghostwriter.

Ghostwriter: Mengungkapkan Diri Lewat Tulisan

Diperbarui: 26 Juni 2023   10:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar ilustrasi by: istockphoto.com

Penulis: Uray Andre Baharudin S. Tr. Pi/ Profesional Ghostwriter

Ghostwriter, siapa sih mereka??? Ghost writer adalah seseorang yang berperan menulis suatu karya atau artikel atas nama orang lain, tetapi tanpa menyandang gelar sebagai penulis. Dalam beberapa kasus, mereka menandatangani perjanjian kerahasiaan untuk menjaga identitas klien mereka.

Namun, meskipun tidak bersinar di atas panggung sebagai penulis utama, ada banyak pengalaman yang dapat diambil dari profesi ini. Bagi saya sebagai seorang "ghostwriter", pekerjaan sebagai ghostwriter dapat menawarkan sebuah kesempatan untuk mengungkapkan diri kita secara lebih bebas, tanpa perlu diikat oleh batasan genre atau hal-hal lainnya. Karena pada dasarnya, ghost writer bekerja atas permintaan klien.

Seorang ghostwriter seringkali mendapatkan sebuah proyek penulisan yang membutuhkan jenis-jenis gaya penulisan yang beragam. Misalnya saja, gaya akademik di suatu artikel riset atau gaya naratif pada buku autobiografi. Sebagai ghostwriter, mereka harus profesional dalam mengadaptasi kebutuhan penulisan tersebut, meskipun tidak seratus persen mencerminkan karya tulis yang sebenarnya mereka sukai.

Namun, ghostwriter berbeda dengan penulis lainnya. Mereka cenderung lebih "mengkalkulasi" dan bekerja dengan efektifitas dalam proses penulisan yang diminta. 

Hal ini dapat menyelamatkan waktu dan memudahkan klien dalam mengembangkan ide dan tulisan lebih jauh. Sebagai contoh, marilah kita bayangkan seorang klien yang sedang sibuk dan kurang memahami cara mengekspresikan ide-ide kreatifnya ke dalam bentuk tulisan. Proyek penulisan seperti ini akan menemukan solusinya dengan ghostwriter.

Menjadi seorang ghostwriter juga dapat memberikan pengalaman yang berharga bagi kita sebagai penulis yang masih terus belajar. Dalam karya tersebut, mereka akan diajak untuk beradaptasi dengan naskah yang berbeda-beda, sehingga memperluas cakrawala pengetahuan dan pengalaman menulis. Hal tersebut juga sangat bermanfaat untuk para calon penulis yang ingin lebih memperkenalkan kemampuan menulis dan meningkatkan value sebagai penulis.

Akhir kata, ghostwriter adalah pekerjaan yang sangat menjanjikan. Meski terkadang tidak diakui oleh pembaca, namun banyak orang yang membutuhkan jasa karya penulisan ini untuk mengungkapkan diri lewat tulisan. Bagi para penulis muda yang sedang mencari peluang, menjadi seorang ghostwriter dapat memberikan sejumlah manfaat terutama sebagai pembelajaran dalam dunia tulis-menulis.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline