Lihat ke Halaman Asli

Raih Prestasi Unggul, Fakultas Keperawatan UPH Menduduki Peringkat Pertama pada Kompetensi Ners 2023

Diperbarui: 25 Oktober 2023   14:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Input sumber gambar

Fakultas Keperawatan, atau Faculty of Nursing (FoN) Universitas Pelita Harapan (UPH), sekali lagi mencapai keberhasilan pada Uji Kompetensi (UKOM) Ners yang diselenggarakan oleh Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI). Dalam tahun ini, FoN UPH meraih penghargaan sebagai pemilik Persentase Kelulusan Terbaik Regional 5 pada Kategori Peserta Nasional UKOM Ners periode 2 tahun 2023. Keberhasilan ini juga mengantarkan FoN UPH pada posisi Rangking Pertama (1), di mana sebanyak 339 mahasiswa FoN UPH berhasil lulus dengan persentase mencapai 99,71% dalam UKOM yang berlangsung pada tanggal 4-6 Oktober 2023.

UKOM sendiri merupakan  singkatan dari Ujian Kompetensi, merupakan inisiatif Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang bertujuan untuk menilai pengetahuan, keterampilan, dan sikap tenaga kesehatan sesuai dengan standar profesi perawat. Selain itu, UKOM juga merupakan persyaratan yang harus dipenuhi untuk memperoleh hak bekerja di sektor layanan kesehatan.

Dekan FoN UPH, Grace Solely Houghty, S.Kep., Ners., MBA., M.Kep., merasa sangat mengapresiasi pencapaian ini. Beliau menyatakan bahwa prestasi tersebut merupakan bukti nyata bahwa proses pendidikan yang tepat mampu membawa mahasiswa dari berbagai latar belakang daerah atau budaya menuju kesuksesan.

Grace menyatakan keyakinannya bahwa keberhasilan dalam UKOM adalah hasil dari kerja keras dan dedikasi mahasiswa selama proses pendidikan mereka di FoN UPH, mulai dari tahun pertama hingga tahun terakhir. Ia juga menekankan bahwa proses evaluasi dan penyusunan soal ujian di FoN UPH selalu mengadopsi metode computer-based test sejak tahun pertama, yang pada akhirnya memberikan mahasiswa pelatihan yang diperlukan untuk menghadapi UKOM.

Yakobus Siswadi, Kaprodi Keperawatan UPH, menjelaskan bahwa dari 339 mahasiswa yang mengikuti UKOM Ners, sebagian besar di antaranya merupakan mahasiswa kelas reguler dan program kelas karyawan FoN UPH yang baru pertama kali mengikuti ujian tersebut. Dalam upaya persiapan menghadapi UKOM, FoN UPH memberikan beragam bentuk bimbingan, mulai dari pelatihan tips dan trik menghadapi ujian, latihan soal, analisis soal, hingga simulasi ujian dengan mengerjakan 180 soal UKOM dalam waktu 180 menit.

Yakobus juga menekankan bahwa dalam persiapan menyambut UKOM tahun 2024, FoN UPH akan terus berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas tinggi, dengan tujuan menghasilkan lulusan keperawatan yang unggul dan profesional.

Yakobus menekankan harapannya untuk terus mengantarkan semua mahasiswa agar lulus UKOM dengan predikat tertinggi. Dia menggarisbawahi bahwa UKOM seharusnya tidak menimbulkan ketakutan, sehingga kesiapan mental dan persiapan yang matang menjadi perhatian utama dalam menghadapinya. FoN UPH selalu berupaya memastikan bahwa semua proses pembelajaran, baik teori maupun praktik, dilaksanakan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Yakobus juga yakin bahwa proses dan standar pembelajaran yang diterapkan oleh FoN berada pada jalur yang benar.

Untuk memberikan informasi tambahan, mahasiswa FoN UPH secara konsisten meraih persentase kelulusan yang tinggi saat mengikuti UKOM Ners. Beberapa pencapaian sebelumnya mencakup tingkat kelulusan sebesar 95% pada tahun 2019, 99,5% pada tahun 2020, dan pencapaian penuh 100% pada tahun 2021. Selamat kepada semua dosen dan mahasiswa yang telah berusaha keras dalam meraih prestasi ini.

Keperawatan UPH

UPH terus berupaya dengan tekun menciptakan lulusan perawat yang unggul dalam berbagai aspek, baik dalam keterampilan yang handal, karakter yang diilhami oleh nilai-nilai spiritual yang mengutamakan pelayanan, dan kesediaan untuk proaktif membantu sesama. Hal ini menegaskan komitmen UPH dalam mempersiapkan mahasiswanya untuk menjadi pemimpin masa depan yang sangat berkompeten dan berdampak positif bagi masyarakat dan bangsa. Kami mengundang Anda untuk bergabung bersama FoN UPH! Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi Konsultan Mahasiswa di nomor 0811-1709-901.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline