Lihat ke Halaman Asli

Rudy

Digital Marketplace Enthusiast

Business Trends 2022

Diperbarui: 20 Januari 2022   18:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Business Trends 2022 (Sumber: UPFOS, upfos.co.id)

Masuk ke tahun 2022, apa saja kira-kira yang akan mempengaruhi aktivitas bisnis dan marketing nanti ya? Coba simak poin-poin berikut!

Influencer Marketing on Social Media

Di era teknologi yang sudah semakin maju, menggunakan influencer marketing sebagai salah satu cara untuk mempromosikan produk atau jasa justru sangat efektif untuk meningkatkan penjualan dan branding.

Branding

Membangun identitas dari sebuah bisnis juga merupakan salah satu faktor penting di tahun 2022. Baik B2B atau B2C, semakin banyak ide kreatif, menarik, dan interaktif yang diterapkan agar dapat membangun trust atau rasa percaya dengan customer. Branding dapat berupa visual, konten, dan event yang dilakukan oleh sebuah bisnis.

Digital Marketing

Manfaatkan digital marketing untuk mengembangkan bisnis dan gunakan media yang paling banyak digunakan terutama di saat pandemi seperti ini, penggunaan media digital semakin kencang. Dengan penggunaan digital marketing yang baik, kamu akan lebih mudah mencapai beberapa target market yang lebih luas dalam jangka waktu yang lebih pendek.

Penggunaan video juga dirasakan kehadirannya lebih efektif daripada gambar saja karena interactive dan pengguna lebih mudah mengerti pesan yang ingin disampaikan oleh sebuah brand. Kenapa video? Karena sudah mulai banyak pengguna yang memanfaatkan handphone, tablet, dan laptop dan semua perangkat sudah bisa diakses secara portable.

Pelayanan Cepat dan Pengembangan Produk

Untuk memberikan pengalaman berbelanja yang memuaskan, operasional bisnis juga harus dapat dilakukan dengan cepat. Tetapi, tidak semua operasional dapat dilakukan secara manual terus menerus. Mulai membuka mata terhadap perkembangan teknologi dan manfaatkan teknologi terkini untuk sebagai salah satu cara untuk mengembangkan bisnis dan memudahkan pengalaman berbelanja bagi pembeli.

Contoh: Aplikasi QRIS - menggunakan metode pembayaran QR Code dari Bank Indonesia terintegrasi dengan berbagai bank dan pengguna cukup men-scan barcode untuk melakukan pembayaran. Aplikasi QRIS dapat digunakan di berbagai aplikasi seperti GoPay, OVO, DANA, LinkAja, ShopeePay, I-Saku Indomaret, BCA mobile, BNI mobile Banking, dan lainnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline