Lihat ke Halaman Asli

Unzilatul Fithri

Unzilatul Fithri Maulidyah

Konsep Dasar Strategi Pembelajaran

Diperbarui: 14 Februari 2022   14:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Konsep dasar strategi pembelajaran

Konsep dasar strategi pembelajaran ini merupakan suatu landasan untuk melakukan kegiatan belajar maupun mengajar dalam rangka mencapai sasaran yang sudah di tentukan, selain itu strategi merupakan suatu pola- pola umum yang di lakukan oleh guru, murid dalam mewujutkan suatu keberhasilan. Untuk menciptakan kondisi pembelajaran yang efektif, guru dituntut agar mampu mengelola proses pembelajaran yang memberikan rangsangan kepada siswa sehingga ia mau dan mampu belajar. Untuk bisa belajar efektif setiap orang perlu mengetahui apa arti belajar sesungguhnya. Belajar adalah sebuah tindakan aktif untuk memahami dan mengalami sesuatu. Pembelajaran yang efektif dapat didefinisikan sebagai pembelajaran yang berhasil mencapai tujuan belajar p eserta didik sebagaimana yang diharapkan oleh guru 

Adapun Model pembelajaran efektif, mencakup empat hal pokok yaitu: 

1.kualitas pembelajaran

Yang di maksud dengan kualitas pembelajaran yaitu intensitas antara murid dengan guru serta dalam media pembelajaran dalam menghasilkan proses dan hasil belajar yang maksimal, oleh karena itu kita sebagai orang tua bisa memberikan fasilitas dengan kualitas pembelajaran yang efektif. 

2.tingkat pembelajaran yang memadai

tingkatan ini merujuk pada seberapa guru yakin dalam mendidik seorang anak yang siap untuk belajar, yang pada intinya guru harus lebih leluasa mengetahu suatu hal yang bisa di anggap oleh siswa adalah temuan terbaru mereka, jadi sebelum- sebelumnya mereka belom pernah melakukan hal tersebut. 

3.Ganjaran

Yang di maksud dengan ganjaran yaitu prilaku yang baik kepada anak didik, seperti pujian yang baik dari imbalan materi yang kita sampaikan kepada anak-anak.  

4.waktu.

Yang di maksud waktu dalam model pembelajaran yang efektif yaitu, guru dapat meluangkat waktu untuk anak-anak bertanya ataupun menjawab apa yang sedang kita bahas dalam pembelajaran tersebut, nah hal itu dapat menunjukan kepercayaan diri seorang anak untuk berani bertanya maupun berani menjawab meskipun salah atau benar. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline