Lihat ke Halaman Asli

Pengembangan Pot Organik di Donowarih Kabupaten Malang

Diperbarui: 1 Juli 2016   19:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Koleksi Pribadi

Dusun Karangjuwet dan Jara’an desa Donowarih kecamatan Karangploso Kabupaten Malang merupakan wilayah pengembangan dari pedesaan menjadi kota pinggiran. Letaknya berbatasan dengan di sebelah Barat desa Tawangargo (Kecamatan Karangploso) sebelah Timur desa Girimoyo (Kecamatan Karangploso), dan Bocek sebelah Utara (Kecamatan Karangploso), sedangkan sebelah Selatan desa Pendem (Kota Batu).

Koleksi Pribadi

Di wilayah dusun Karangjuwet dan dusun Jaraan desa Donowarih ini masih dimungkinkan pengembangan inovasi pot organik karena memiliki pasar yang dipakai untuk terminal bisnis dengan limbah sayur dan buah yang sangat melimpah yang menjadi masalah tersendiri karena belum ada penanganan secara khusus agar menjadi produksi yang memiliki fungsi yang bermanfaat.

Dari hasil pelaksanaan kegiatan Ipteks bagi Masyarakat di lapangan selama kurun waktu delapan bulan diperoleh hasil bahwa : (1)Munculnya antusisme mengikuti kegiatan-kegiatan PKK yang diisi dengan rangkaian kegiatan Ipteks bagi masyarakat, (2) Munculnya ide pengembangan usaha produktif kelompok,(3) Munculnya gagasan memanfaatkan potensi wilayah melalui PKK. Beberapa kelompok PKK telah mampu membuat bokhasi dari limbah sayur dan buah, walaupun sebelumnya telah mengalami kegagalan berkali-kali. Kemudian dari membuat bokhasi dilanjutkan dengan pembuatan pot organik.

Koleksi Pribadi

Pembuatan pot organik di damping oleh mahasiswa yang tergabung dalam Ipteks bagi Masyarakat yang telah mengikuti magang pembuatan pot. Dalam kurun waktu 2 bulan beberapa anggota kelompok telah mampu membuat prototype pot organik walaupun hasilnya masih perlu disempurnakan.

Koleksi Pribadi

Pot organik dari limbah sayur dan buah merupakan terobosan dalam menunjang keberhasilan agroteknologi karena penanaman bibit menjadi lebih mudah, tumbuh lebih cepat dengan tingkat kegagalan tanam dapat ditekan, selain itu, pot ini ramah lingkungan, karena mudah terurai oleh mikroorganisme tanah dan mengandung unsur hara yang berfungsi sebagai kompos atau pupuk tanaman. Kegiatan berikutnya adalah pelatihan manajemen kelompok yang di pandu oleh instruktur professional, pelatihan ini dimaksudkan untuk bekal keterampilan kelompok PKK dalam mengembangkan kegiatan usaha maupun lembaganya.

Dengan program Iptek bagi Masyarakat pembuatan pot organik tersebut ada beberapa hal yang diperoleh yaitu:

(1) mengatasi limbah pasar yang setiap hari selalu bertambah

(2) mengatasi masalah pencemaran lingkungan

(3) meningkatkan produktivitas dan ketrampilan masyarakat

(4) menambah penghasilan anggota masyarakat karena adanya peluang kewirausahaan baru, apabila produk tersebut dapat dikembangkan. Yang paling menggembirakan bahwa program IbM mendapatkan apresiasi yang Sangat Baik dari Kepala Desa Donowarih dan Perangkat Dusun Karang juwet dan Jaraan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline