Lihat ke Halaman Asli

Untay R. Suhanto

Happy Person

Konsep Mental

Diperbarui: 3 Juli 2024   04:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Konsep mental representasi kognitif atau simbol yang digunakan oleh pikiran untuk memahami, mengkategorikan, dan memproses informasi dari lingkungan sekitar. Konsep mental memungkinkan kita untuk berpikir, memahami, dan berkomunikasi secara efektif.

Konsep mental struktur mental yang membantu individu untuk mengkategorikan dan menyusun informasi dari dunia sekitarnya. Konsep ini adalah unit dasar pemikiran dan memainkan peran penting dalam proses kognitif seperti persepsi, ingatan, pemahaman, dan pemecahan masalah.

Komponen-Komponen Konsep Mental

1. Kategori :Kelompok objek, ide, atau peristiwa yang dianggap memiliki kesamaan tertentu. Misalnya, "hewan" adalah kategori yang mencakup berbagai makhluk hidup seperti anjing, kucing, dan burung.

2. Prototip: Prototip contoh terbaik atau paling khas dari sebuah kategori. Misalnya, ketika kita berpikir tentang "burung," kita mungkin membayangkan seekor burung pipit daripada burung unta.

3. Skema: struktur mental yang terdiri dari serangkaian konsep yang saling berkaitan, yang membantu kita memahami dan memprediksi dunia. Misalnya, skema tentang "restoran" mencakup konsep tentang pelayan, menu, makanan, pembayaran, dan sebagainya.

4. Skrip: jenis skema yang menggambarkan urutan tindakan atau peristiwa dalam situasi tertentu. Misalnya, skrip tentang "pergi ke dokter" mencakup membuat janji, menunggu di ruang tunggu, bertemu dokter, dan menerima resep.

Fungsi Konsep Mental

1. Memudahkan Pemahaman: membantu kita memahami dan menafsirkan informasi baru dengan membandingkannya dengan pengetahuan yang sudah ada.

2. Meningkatkan Efisiensi Pemikiran: kita dapat memproses informasi lebih cepat dan membuat keputusan dengan lebih efisien.

3. Mengorganisir Pengetahuan: membantu kita mengorganisir pengetahuan kita tentang dunia, sehingga memudahkan untuk mengingat dan mengakses informasi saat diperlukan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline