Lihat ke Halaman Asli

Difa Fanestia

Mahasiswa

Kolaborasi Edukatif, Mahasiswa KKN Unnes Giat 9 Ajarkan Menabung dan Menghias Celengan di SDN 3 Sidomulyo, Kabupaten Blora, Jawa Tengah

Diperbarui: 31 Juli 2024   22:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Dokumentasi pribadi

Sidomulyo, 26 Juli 2024 -- Mahasiswa KuliahKerja Nyata (KKN) dari Universitas Negeri Semarang (Unnes) Giat 9 mengadakan kegiatan edukasi menabung dan menghias celengan di SD Negeri 3 Sidomulyo, Desa Sidomulyo. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 25 dan 26 Juli 2024 dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kebiasaan menabung sejak dini bagi para siswa.

Kegiatan ini dimulai dengan pemaparan mengenai pentingnya menabung oleh mahasiswa KKN kepada siswa kelas satu hingga kelas enam. Para siswa diberikan pengetahuan tentang manfaat menabung, cara mengatur keuangan, dan bagaimana menabung bisa membantu mereka mencapai tujuan jangka panjang. Selanjutnya, siswa diajak untuk menghias celengan sebagai simbolisasi dari aktivitas menabung yang menyenangkan dan kreatif. Kegiatan menghias celengan menjadi lebih menarik dengan warna dan kreasi dari siswa ini sendiri juga menjadi metode untuk memotivasi siswa agar lebih giat untuk menabung.

"Menabung adalah kebiasaan baik yang perlu ditanamkan sejak dini. Dengan kegiatan ini, kami berterimakasih kepada mahasiswa KKN Unnes Giat 9 telah dilaksanakan kegiatan positif ini dan berharap siswa-siswi di SDN 3 Sidomulyo bisa lebih memahami pentingnya menyisihkan sebagian uang mereka untuk menabung", ujar Kepala Sekolah SDN 3 Sidomulyo, Adi Asmara.

Para siswa terlihat antusias dan bersemangat selama kegiatan berlangsung. Mereka dengan kreatif menghias celengan masing-masing, yang nantinya akan digunakan sebagai tempat menyimpan uang tabungan mereka. Kegiatan ini diharapkan bisa menjadi awal dari kebiasaan menabung yang terus mereka lakukan hingga dewasa nanti.

Sumber : Dokumentasi pribadi

"Saya senang sekali didatangi kakak-kakak mahasiswa KKN Unnes Giat 9 dan diajak menghias celengan dengan cat warna-warni, celenganya sangat bagus sehingga saya bersemangat untuk mulai menabung", ucap salah satu siswa Kelas 2 SDN 3 Sidomulyo, Silvi.

Dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa KKN Unnes Giat 9 berharap dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan karakter dan kebiasaan baik di kalangan siswa SDN 3 Sidomulyo serta meningkatkan kreativitas siswa. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi ajang bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu yang telah mereka pelajari dibangku kuliah ke dalam masyarakat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline