Lihat ke Halaman Asli

unnesgiat5Sidomulyo

KKN UNNES GIAT 5 DESA SIDOMULYO

UNNES Giat 5 Sidomulyo Kenalkan Nilai Pancasila Melalui Podcast Sudut Pandang Bersama Local Hero

Diperbarui: 29 Juli 2023   12:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Bersama Ustadz Himawan Ansori, 2023

Desa Sidmulyo merupakan salah satu Desa yang berada di wilayah Kecamatan Salaman, Kabupaen Magelang Jawa Tengah. Desa Sidomulyo memiliki luas wilayah 214, 560 Ha, yang secara administratif terbagi menjadi 8 dusun yaitu, Sojomerto Kidul, Sojomerto Lor, Kembaran, Sumberan, Kalangan, Ngadikromo, Drojogan, dan Kedung Kepis. 

Mahasiswa/i KKN UNNES Giat 5 Desa Sidomulyo dengan tema "Desa Penggerak Pancasila", bersama dengan Pusat Pengembangan Kuliah Kerja Nyata LPPM UNNES menjadi langkah awal untuk memberi pemahaman kepada masyarakat bahwa keragaman suku di negara Indonesia ini bisa disatukan dengan Pancasila. Kabupaten Magelang sendiri telah mencanangkan Kampung Pancasila di 21 Kecamatan secara serempak, yang terpusat di Dusun Ngapus, Desa Kalisalak, Kecamatan Salaman. Desa Sidomulyo dapat menjadi salah satu Desa yang dapat mengimplementasika nilai-nilai Pancasila untuk mewujudkan "Kampung Pancasila", Jum'at (14/7/2023)

Pancasila, sebagai dasar dan ideologi negara Indonesia, memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk identitas bangsa. Nilai-nilai Pancasila mencakup sila-sila yang menjelaskan tentang persatuan, kemanusiaan, keadilan, kerakyatan, dan ketuhanan yang maha esa. Meskipun sudah diajarkan di sekolah-sekolah, masih banyak orang yang belum sepenuhnya memahami makna dan pentingnya nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. UNNES Giat 5 Desa Sidomulyo melalui Podcast Sudut Pandang bersama Local Hero hadir sebagai salah satu cara efektif untuk mengenalkan dan membahas nilai-nilai Pancasila secara lebih mendalam dan menarik bersama tokoh masyarakat yang ada di Desa Sidomulyo. Podcast Sudut Pandang juga menjadi salah satu cara untuk mewujudkan Digitalisasi Pancasila secara menyeluruh melalui platform youTube yang mudah diakses. 

Dokumentasi Bersama Drs. H. Abdul Muchit M.Ag, 2023

Kegiatan Podcast Sudut Pandang bersama Local Hero dilaksanakan pada bulan Juli 2023, dengan mengajak beberapa Local Hero di Desa Sidomulyo di antaranya yaitu, Ustadz Himawan Ansori, Ustadz Nur Rohman, Ustadz Drs. H. Abdul Muchit M.Ag, Ustadz Zumrolis, Kyai Abdul Mun'im, dan Ustadz Jamilan. Podcast Sudut Pandang ini hadir dengan beberapa episode bersama masing-masing Local Hero yang membahas satu persatu mengenai sila-sila yang ada dalam Pancasila. Episode terakhir dari Podcast Sudut Pandang ini akan dilaksanakan bersama dengan Kepala Desa Sidomulyo Nur Wasis Noyo Dirjo, sekaligus menjadi penutup segmen #localhero dari kegiatan KKN UNNES Giat 5 Desa Sidomulyo. 

Dokumentasi Bersama Ustadz Nur Rohman, 2023

Dokumentasi Bersama Ustadz Zumrolis, 2023

Podcast Sudut Pandang bersama Local Hero membahas bukan hanya mengenai sila-sila yang ada di dalam Pancasila namun juga menjelaskan mengenai nilai-nilai luhur yang ada di Desa Sidomulyo yang relevan dengan Pancasila, mulai dari bagaimana implementasi nilai-nilai yang ada di dalam Pancasila yang sudah terlaksanakan di Desa Sidomulyo hingga peran Local Hero dalam mewujudkan nilai-nilai Pancasila di Desa Sidomulyo. Berdasarkan penuturan beberapa Local Hero, bahwa nilai-nilai Pancasila di Desa Sidomulyo sudah terlaksanakan dengan baik salah satunya mengenai sila ke-2 Pancasila yaitu, Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab bahwa,

"Desa Sidomulyo telah melaksanakan kegiatan santunan yatim piatu yang hampir berjalan selama 30 tahun, hal ini sesuai dengan implementasi nilai Pancasila ke-2 yaitu Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab melalui kegiatan santunan yatim piatu, Desa Sidomulyo menerapkan nilai-nilai Sila ke-2 Pancasila dengan memberikan perlakuan yang adil dan beradab kepada yatim piatu, membantu mereka dalam kehidupan sehari-hari, dan membantu membangun masyarakat yang lebih inklusif, berkeadilan, dan berempati" ujar Ustadz Zumrolis dalam kegiatan Podcast Sudut Pandang. 

Dokumentasi Bersama Kyai Abdul Mun'im, 2023

Dokumentasi Bersama Ustadz Jamilan, 2023

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline