Lihat ke Halaman Asli

Unnesgiat3 Wonosari

Universitas Negeri Semarang

Memudahkan Warga, Mahasiswa UNNES GIAT 3 Adakan Penomoran Rumah di Desa Wonosari, Kalikajar, Wonosobo

Diperbarui: 29 November 2022   13:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penyerahan Nomor Rumah Ke Ketua RT 14 RW 05 Dusun Deles (Diwakilkan) - Dok. pribadi

Sabtu (19/11) telah terlaksana program kerja penomoran rumah di Desa Wonosari, Kalikajar, Wonosobo. Penomoran rumah merupakan progam kerja UNNES GIAT 3 yang bertujuan memudahkan masyarakat mencari alamat. Binih Nanda Setiani sebagai penanggung jawab progam kerja ini melaksanakannya secara bertahap, dimulai dari pendataan jumlah rumah per dusun (Dusun Wonosari, Dusun Deles, dan Dusun Banaran) hingga pemasangan.

Progam kerja ini sangat dibutuhkan masyarakat karena jumlah rumah di Desa Wonosari sangat banyak dan beberapa nama kepala keluarga yang sama sehingga diperlukan nomor rumah agar mudah. Hal tersebut juga sesuai dengan anjuran perangkat Desa Wonosari. Pelaksanaan  progam kerja penomoran rumah diawali dengan mendata jumlah rumah yang dibantu oleh Kepala Desa, Kepala Dusun Wonosari, Kepala Dusun Deles, dan Kepala Dusun Banaran. Pendataan dicocokkan dengan BIP (Buku Induk Penduduk) serta data di lapangan.

Koordinasi Data Penomoran Rumah Dengan Kepala Desa Wonosari - Dok. pribadi

Progam kerja ini dimulai dari tanggal 2 November 2022 sampai dengan 24 November 2022.  Dari tahapan-tahapan yang dilaksanakan tentunya terdapat kendala. Binih menjelaskan kendala dari progam ini berawal dari tidak kesesuain data. 

"Pendataan kepala keluarga dari pihak desa yang kurang sesuai dengan yang di lapangan serta sulitnya membedakan batasan RT karena saling berdekatan."  terangnya.

"Maka dari itu diperlukan pengecekan dan koreksi langsung di BIP (Buku Induk Penduduk) serta mengkonfirmasi dengan cara terjun langsung ke lapangan melalui masing-masing ketua RT." Jelasnya.

Penyerahan Nomor Rumah Ke Ketua RT 01 RW 01 Dusun Wonosari (Diwakilkan) - Dok. pribadi

Setelah melakukan pengecekan berkali-kali hingga data valid maka tahap terakhir dari progam ini ialah penempelan di setiap rumah warga Desa wonosari. Proses penempelan nomor rumah dimulai dari rumah Ketua RT 01 samapai dengan RT 18 dan berlanjut ke rumah warga Desa Wonosari.  

Progam kerja penomoran rumah mendapat respon yang sangat postif dari Pemerintah Desa Wonosari dan masyarakat. Bapak Bondar selaku Kepala Desa mengucapkan banyak terima kasih atas inisiatif yang telah dilakukan oleh Mahasiswa UNNES GIAT 3.

"Kami sebagai Pemerintah Desa Wonosari mengucapkan terima kasih atas inisiatif dari Mahasiswa UNNES GIAT 3 yaitu mengadakan penomoran rumah. Selain itu, masyarakat juga menyampaikan terima kasih dan merasa senang sebab sudah ada identitas rumah." Ujar Bapak Bondar.

Perangkat Desa Wonosari juga menerangkan bahwa dengan adanya progam ini, masyarakat menjadi semakin terbantu dan sangat berterima kasih. Menurut Bapak Rahmat Arifin, selaku Kepala Dusun Wonosari bahwa dengan progam ini tidak ada yang lain selain ucapan terima kasih dan merasa sangat terbantu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline