Lihat ke Halaman Asli

Rohmatul Khasanah

Mahasiswa UNNES

Peduli UMKM, Mahasiswa UNNES GIAT 3 Sosialisasikan Pemasaran Menggunakan Media Sosial di Desa Kenalan

Diperbarui: 5 Desember 2022   23:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan sosialisasi terkait pemasaran digital yang dilakukan oleh MAHASISWA UNNES Giat 3 Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Sab/dokpri

Kab Magelang -- Peduli dengan potensi produk UMKM yang ada, mahasiswa UNNES Giat 3 Desa Kenalan mengadakan sosialisasi terkait pemasaran produk secara online beserta cara membuat tampilan produk yang lebih menarik untuk dipasarkan ke masyarakat online.

Sosialisasi ini dilakukan di balai pertemuan Desa Kenalan dan diikuti oleh para pelaku UMKM yang tersebar di 7 (tujuh) dusun di Desa Kenalan. Pelaku UMKM yang terlibat berasal dari berbagai jenis usaha seperti pembuatan selondok, usaha pembuatan roti kering, penjahit, tukang las, dll.

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa mayoritas masyarakat Desa Kenalan merupapan seorang pekebun khususnya pada jenis ketela pohon. Ketela phon sendiri tumbuh subur pada tempat dengan ketinggian antara 10 -- 1.500 mpdl, struktur tanah gembur dan subur, suhunya tidak lebih dari 10 derajat, serta minimal mendapatkan sinar matahari selama 10 jam. Sehingga tidak heran di wilayah Desa Kenalan banyak tumbuh tanaman ketela pohon yang kemudoan dimanfaatkan oleh masyarakat untuk diolah menjadi makanan khas lokal setempat berupa selondok.

Dalam pemasarannya selama ini dilakukan secara tradisional yang biasanya dititipkan di toko -- toko maupun dipasarkan di pasar. Untuk meluaskan pemasaran produk lokal mahasiswa UNNES Giat 3 melakukan sosialisasi dengan judul "Sosialisasi Digital Marketing Melalui Media Sosial Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Produk UMKM".

Dalam sambutannya, Adrian Maulana menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memajukan UMKM Desa Kenalan dengan meningkatkan penjualan produk melalui Penjualan di Sosial Media sehingga harapannya pembeli dapat berasal dari luar Desa Kenalan.

"Harapannya dengan diadakannya sosialisasi ini, pelaku UMKM mendapatkan konsumen dengan jangkauan lebih luas sehingga pembeli tidak hanya masyarakan lokal Magelang saja dan mampu mengenalkan produk lokal masyarakat ke target pasar yang lebih luas" kata Adrian dalam sambutannya, Sabtu (26/11/2022).

Materi yang disampaikan yaitu berupa Sosial Media Marketing (SMM) dimulai dari  pengertian, manfaat, strategi pemasaran, serta tips serta trik dalam SMM. Selai itu pelaku UMKM dikenalkan dengan salah satu website yang dapat digunakan sebagai penunjang dari tampilan yang akan dipasang ke sosial media.

Pemaparan materi oleh narasumber/dokpri

"Materi ini dipilih agar masyarakat lebih mengenal apa itu SMM serta manfaatnya bagi usaha mereka" tukas Nadzifa mahasiswa Teknik Informatika dan Komputer selaku pemateri dalam sosialisasi tersebut.

Penulis : Mahasiswa UNNES Giat 3 Desa Kenalan, Kecamatan Borobudur, Kab Magelang

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline