Lihat ke Halaman Asli

Psikologi Unmuha Gandeng UPSI Laksanakan Penelitian dan Pengabdian Internasional

Diperbarui: 7 September 2024   11:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: Humas Unmuha

Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Aceh (FP-Unmuha) mengadakan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat internasional dalam rangka meningkatkan kualitas dosen dan tenaga pendidikan di Malaysia, yang berlangsung pada 4-8 September 2024.


Kegiatan ini mengusung tema Psychology Unmuha for Better Mental Health dengan dua kegiatan utama, yaitu International Research and Community Service serta International Conference and Benchmarking.

Penelitian dan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Sanggar Muallim, Tanjung Malim, Perak, Malaysia, yang menyediakan pendidikan bagi anak-anak tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di sana.

Pengabdian tersebut fokus pada Stabilisasi Emosi untuk meningkatkan kecerdasan emosional pada anak-anak. Penelitian dilakukan untuk mengukur kebahagiaan diri para guru di Sanggar Muallim.

Selain itu, Fakultas Psikologi Unmuha juga berkunjung ke National Children Development Research Center (NCDRC) di Universiti Pendidikan Sultan Idris. Rombongan disambut oleh Dr. Intan Farahana Abdul Rani selaku Koordinator Jaringan Komunitas dan Industri.

Dalam kunjungan tersebut, rombongan diajak berkeliling melihat fasilitas program NCDRC. Kunjungan ini juga membahas kemungkinan kerja sama antara NCDRC dan Psikologi Unmuha dalam bentuk magang, penelitian bersama, dan dosen tamu.

Pada hari berikutnya, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan hasil riset yang telah dilakukan, dengan kehadiran Prof. Madya Ts Dr. Mahizer bin Hamzah selaku Wakil Dekan Fakultas Pengembangan Manusia Universitas Pendidikan Sultan Idris Malaysia.

Selain konferensi internasional, juga diadakan akademik sharing, dan di akhir acara dilakukan penandatanganan *Implementation Agreement* antara Fakultas Psikologi Unmuha dan Departemen Psikologi Fakultas Pengembangan Manusia Universitas Pendidikan Sultan Idris.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline