Lihat ke Halaman Asli

Universitas BSI

Lembaga Pendidikan

Mahasiswa Universitas BSI Bantu Balitklimat Mudahkan Proses Perjalanan Dinas

Diperbarui: 10 September 2021   15:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Universitas BSI Kampus Tegal

Program Studi (prodi) Sistem Informasi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Bogor melangsungkan serah terima aplikasi dengan pihak Balai Penelitian Agroklimat dan Hidrologi (Balitklimat) Bogor, berlangsung secara daring, Rabu (8/9).

Di tengah situasi penerapan PPKM, kegiatan ini hanya dihadiri oleh pembimbing instansi, Husna Alfiani dan Yulius Argo Baroto. Sedangkan dari tim pembuat aplikasi, terdiri dari Aulia Fevriani, Rizka Febriani Putri dan Nurul Sharimah.

Baca Juga : Catat! Tanggal Penting Pendaftaran Gelombang Khusus Universitas BSI

Aplikasi yang dihibahkan ini, diberi nama 'Sistem Aplikasi Booking Kegiatan Perjalanan Dinas Pegawai berbasis Web'. Hibah ini dilakukan sebagai bentuk pertanggungjawaban mahasiswa Universitas BSI dalam penyusunan Tugas Akhir yang diimplementasikan kepada masyarakat.

Dari pihak instansi, Yulius mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak kampus, karena telah membantu untuk melakukan pengajuan booking kegiatan perjalanan dinas pegawai berbasis web.

"Dengan adanya aplikasi ini, sangat memudahkan admin atau PUMK di kantor Balai Penelitian Agroklimat dan Hidrologi," tutur Yulius, Rabu (8/9).

Selain itu, dengan aplikasi ini, admin dan PUMK akan semakin mudah untuk melakukan booking kegiatan perjalanan dinas pegawai.

"Aplikasi ini sangat bermanfaat untuk admin dan PUMK, sebab lebih mudah untuk mengaksesnya. Sehingga tidak perlu menulis secara manual dalam buku daftar perjalanan dan meminimalisir terjadinya kehilangan data," pungkasnya.

Ia mengatakan, penggunaan teknologi melalui sistem informasi ini, sejalan dengan arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang mengajak masyarakat untuk turut serta dalam transformasi digital.

Sementara itu, Aulia, salah satu mahasiswa pembuat aplikasi, mengatakan bahwa, aplikasi kantor tersebut dapat membantu PUMK untuk melakukan pengajuan perjalanan, dan menghindari penginputan ganda. Karena pada saat melakukan pengajuan perjalanan, akan muncul peringatan bahwa pegawai tersebut telah melakukan perjalanan.

"Dengan adanya aplikasi ini, juga bisa mempermudah pegawai untuk mendapatkan surat jalan secara otomatis. Setelah melakukan booking kegiatan, maka surat jalan akan otomatis, keluar sesuai dengan data kegiatan dan pegawai yang akan melakukan perjalanan," terangnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline