Lihat ke Halaman Asli

Universitas Ahmad Dahlan

Perguruan Tinggi Muhammadiyah

Prof. Suyadi, Guru Besar UAD Jadi Tim Penilai Program Academic Leader 2024

Diperbarui: 4 Oktober 2024   09:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Guru Besar Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Jadi Tim Penilai Program Academic Leader 2024 (Foto: Suyadi)

Guru Besar Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Prof. Dr. Suyadi, S.Pd.I., M.Pd.I. yang merupakan pemenang Academic Leader (AL) Bidang Sosial Humaniora 2023, menjadi salah satu dari empat tim penilai AL yang diselenggarakan oleh Direktorat Sumber Daya, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) 2024.

Secara keseluruhan, Tim penilai AL adalah Prof. Drs. Mudasir, M.Eng., Ph.D. (Universitas Gadjah Mada), Prof. Dr. Ir. Luki Abdullah, M.Sc. (Institut Pertanian Bogor), Prof. Dr. Ir. Dewa Ngurah Suprapta, M.Sc. (Universitas Udayana), Prof. Dr. Suyadi, S.Pd.I., M.Pd.I. (Universitas Ahmad Dahlan), dan Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M. (Universitas Bina Nusantara).

Program AL merupakan pemberian anugerah atas kompetensi dosen di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) atas capainnya yang visioner, inovatif, inspiratif, dan unggul. Program AL ini sudah dimulai sejak tahun 2018, 2019, 2022, 2023, dan yang sedang berproses adalah AL 2024. Penyelenggaraan AL diperuntukkan bagi dua kategori, yakni dosen dan pimpinan perguruan tinggi (ketua/rektor). AL bagi dosen (perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta) memiliki sembilan bidang,

Tujuan program AL bagi dosen adalah mendorong dosen agar terpacu mengembangkan ide kreatif, inovatif, dan inspiratif melalui penelitian, publikasi, perolehan paten, penghargaan, implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Selain itu juga adanya temuan baru yang original dan membanggakan, telah dihiliriasi/komersialisasi, serta berdampak luas bagi kemajuan masyarakat dan bangsa.

Sementara itu, AL bagi pimpinan perguruan tinggi (ketua/ rektor), dibedakan antara negeri dan swasta. Bagi rektor, program AL ini bertujuan untuk mendorong capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) 1--8, jumlah program studi terakreditasi Unggul dan terakreditasi internasional, peningkatan jumlah doktor dan guru besar (profesor), serta jumlah publikasi pada jurnal internasional bereputasi.

Program AL 2024 telah dibuka pada Februari dan telah melalui rangkaian seleksi bertahap dan berjenjang. Bagi dosen di lingkungan perguruan tinggi negeri diseleksi secara internal, selanjutnya dosen yang mendapat rekomendasi rektor diajukan ke Direktorat Sumber Daya Manusia (SDM) Ditdaya Diktiristek. Bagi dosen perguruan tinggi swasta, di samping seleksi internal, juga diseleksi di tingkat Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) sesuai wilayah masing-masing perguruan tinggi. (doc)

uad.ac.id




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline