Lihat ke Halaman Asli

Universitas Ahmad Dahlan

Perguruan Tinggi Muhammadiyah

UKM Karate UAD Borong 23 Medali di Kejuaraan Internasional

Diperbarui: 2 Oktober 2024   09:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

UKM Karate Universitas Ahmad Dahlan (UAD) pada Badung Open Karate International Championship II (Foto: Karate UAD)

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Karate Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengikuti Badung Open Karate International Championship II yang bertempat di Auditorium Widya Sabha Universitas Udayana (Unud) Bali. Kegiatan dilaksanakan pada 20--22 September 2024. Mereka memborong 23 medali, yakni 14 emas, 6 perak, dan 3 perunggu.

Persiapkan lomba hanya dalam beberapa minggu, sebab pada minggu terakhir di bulan Agustus para atlet UKM Karate baru saja bertanding di Jogja Event YOT IV Piala Kemenpora. Setelah itu mereka berfokus pada dua event, yang pertama untuk pertandingan di Bali tersebut dan yang kedua persiapan Dahlan Muda Expo untuk Hari UKM. Hal itu dikarenakan dua event itu berlangsung di bulan yang sama dan hanya berbeda minggu saja.

Kategori yang berhasil dimenangkan oleh atlet UKM Karate UAD antara lain Hendy Paramesgusta (Teknik Industri) juara I kumite -60 kg putra, Muhamad Lutfi (Teknik Industri) juara I mahasiswa kata sabuk hitam putra dan juara I mahasiswa kumite -84 kg putra, Farrel Naufalino (Manajemen) juara I mahasiswa kata sabuk cokelat putra dan juara I mahasiswa kumite -75 kg putra. Mas Hardiyanto (Sastra Indonesia) juara 1 mahasiswa kata sabuk biru putra, Moh. Ihsan (Ilmu Hadis) juara I mahasiswa kata sabuk hijau putra dan juara I mahasiswa kumite -67 kg putra. Tasya Amin (Bimbingan Konseling) juara I mahasiswa kata sabuk hijau putri dan juara I mahasiswa kumite -68 kg putri, Reni Anjarwati (Akuntansi) juara I mahasiswa kumite -50 kg putri, Bahrul Ihsan Anshari (Teknik Elektro) juara I mahasiswa kumite -55 kg putra. Fiqih Maulana (Teknik Elektro) juara I mahasiswa kumite -60 kg putra dan Hafid Ulinnuha (Psikologi) juara I mahasiswa kumite +84 kg putra.

Kemudian Farel, Lutfi, Bahrul juara II senior kata beregu putra, Arya Wijaya (Manajemen) juara II U-21 kumite -67 kg putra, Hendy Paramesgusta (Teknik Industri) juara II U-21 kata perorangan putra. Sundari (Kesehatan Masyarakat) juara II senior kumite -68 kg putri, Savira Aryati Batubara (Farmasi) juara II mahasiswa kumite +67 kg putri, dan Suci Zhinta (PGSD) juara II mahasiswa kumite -61 kg putri.

Lalu Mas Hardiyanto (Sastra Indonesia) juara III senior kumite -55 kg putra, Rahma Tatza Ibel (Ilmu Hukum) juara III senior kumite +68 kg putri, serta Reni Anjarwati (Akuntansi) juara III senior kata perorangan putri.

Perolehan juara dalam perlombaan ini tidak terlepas dari bimbingan dan dukungan dari pelatih UKM Karate UAD. Pesan dari pelatih untuk semua atlet, hendaknya bertanding dengan sportif dan fokus atas kemenangan. Hal ini mengingat perjuangan perjalanan ke Bali yang jauh dan hanya memiliki persiapan singkat, karena terbagi banyak kegiatan baik di kampus maupun di luar kampus. Pelatih juga berpesan untuk senantiasa menjaga kesehatan dan menjaga kekompakan dalam satu tim.

Lutfi Rahardja selaku atlet sekaligus pengurus UKM Karate UAD menyampaikan perasaannya yang sangat bahagia dan penuh syukur. "Saya merasa sangat bahagia dan bersyukur telah diberi kesempatan untuk bertanding. Kejuaraan di Bali ini merupakan event kedua kami di pulau Bali. Saya merasa senang sebab pada tahun lalu saya hanya membawa pulang satu medali. Alhamdulillah, sekarang dapat membawa pulang tiga medali pada nomor kata perorangan, kata beregu serta kumite perorangan. (Lusi)

uad.ac.id




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline