Lihat ke Halaman Asli

Universitas Ahmad Dahlan

Perguruan Tinggi Muhammadiyah

Meningkatkan Keterampilan Dasar Kader Posyandu

Diperbarui: 3 September 2024   11:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tim PkM FKM Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Lakukan Pelatihan 25 Keterampilan Dasar Kader Posyandu di Sewon (Foto: Tim PKM FKM UAD)

Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD), pada Senin dan Selasa (26--27 Agustus 2024) melaksanakan kegiatan pelatihan yang berlokasi di Puskesmas Sewon I Bantul, Yogyakarta.

Tim ini terdiri atas dua anggota yang ahli dan berpengalaman yaitu Yuniar Wardani, S.K.M., M.P.H., Ph.D. dan Fitriana Putri Utami, S.K.M., M.Kes. Dalam meningkatkan integrasi layanan primer terbaik di Pukesmas Sewon I kepada masyarakat, tim PkM memperkuat dan meningkatkan keterampilan kader dengan kegiatan pelatihan 25 keterampilan dasar kader posyandu.

Pelatihan ini dihadiri oleh Kepala Puskesmas Sewon I dan pengelolaan posyandu serta 30 kader posyandu yang terdaftar di wilayah kerja Puskesmas Sewon I Bantul. Rangkaian kegiatan dimulai dengan sambutan dari Kepala Puskesmas Sewon I dr. Yeni N., yang telah memberikan apresiasi terhadap kegiatan PkM FKM UAD dalam mendukung peningkatan keterampilan kader posyandu. Dilanjutkan sambutan dari pengelolaan posyandu, Septi Ayu Purnasari. Sebelum pelatihan dimulai, para peserta mengisi kuesioner pre-test.

Kegiatan pada hari kedua (Selasa, 27 Agustus), dimulai dengan memaparkan materi secara langsung terkait layanan dasar bagi anak usia sekolah dan remaja, layanan dasar posyandu bagi ibu hamil dan ibu menyusui, layanan dasar posyandu bagi bayi dan balita, dan layanan dasar bagi masyarakat usia produktif serta lanjut usia.

Setelah kegiatan pelatihan, peserta diminta untuk mengisi kuesioner post-test. Pada kegiatan ini juga, para kader posyandu melaksanakan ujian kompetensi dengan praktik lapangan dan kunjungan rumah.

Kegiatan PkM tersebut merupakan bagian dari upaya meningkatkan keterampilan kader posyandu dalam melaksanakan integrasi layanan primer. Melalui keterampilan ini, secara bertahap kader akan mengembangkan citra dirinya sebagai seorang yang dapat dipercaya.

Dengan memiliki kader yang mempunyai kompetensi unggul, maka akan dapat mendukung program integrasi pelayanan kesehatan primer sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan di masyarakat. (doc)

uad.ac.id




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline