Lihat ke Halaman Asli

Universitas Ahmad Dahlan

Perguruan Tinggi Muhammadiyah

Kisah Inspiratif Ketua Umum PKM Center UAD

Diperbarui: 26 Agustus 2024   15:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dinda Aisyah Rizqianingrum, ketua umum Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Center Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Foto: Istimewa/Universitas Ahmad Dahlan)

Dinda Aisyah Rizqianingrum yang merupakan ketua umum Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Center Universitas Ahmad Dahlan (UAD), membagikan kisah inspiratif perjalanannya. Mahasiswi yang kerap disapa Dinda ini merupakan mahasiswa Program Studi (Prodi) Psikologi yang aktif di berbagai kegiatan. Beberapa organisasi yang ia ikuti adalah, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) dan PKM Center UAD. 

"Pada tahun pertama kuliah, saya mengikuti PKM Center sebagai anggota Departemen PKM, kemudian saya juga mengikuti IMM. Pada tahun kedua kuliah, saya diamanahi sebagai ketua bidang kaderisasi IMM Psikologi UAD dan menjadi ketua umum PKM Center UAD," ucap Dinda.

Dinda membagikan tipsnya dalam menyeimbangkan waktu. "Sebagai ketua PKM Center UAD sebetulnya sangat menantang bagi saya karena harus membawahi delapan departemen di bawah Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa). Banyak lomba yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang lini masanya saling berdekatan. Sebagai ketua saya belajar untuk mengatur waktu sebaik mungkin, dengan mengusahakan membuat skala prioritas setiap harinya."

Ketika bangun tidur, biasanya Dinda mencatat di buku atau notes ponsel apa saja yang ingin ia kerjakan hari itu dan kegiatan apa saja yang perlu dilakukan dengan menentukan mana yang paling penting. Biasanya di PKM Center, banyak jadwal terutama ketika awal sosialisasi PKM dan Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan PPKO pendampingan sehingga jadwal di kalender penuh.

"Akan tetapi, saya mencoba membuat skala prioritas dengan baik. Jadi meskipun kegiatan padat, saya selalu menyempatkan waktu untuk diri sendiri seperti beli makanan enak, nonton film, dan aktivitas-aktivitas yang membuat mood naik," lanjutnya.

Selama di bangku kuliah, Dinda sudah menerima beberapa penghargaan, di antaranya dua kali mendapat kesempatan pendanaan PKM dari Kemendikbudristek di Bidang Riset Sosial dan Humaniora pada tahun 2023 dan 2024. Ia juga menjadi mahasiswa berprestasi kedua dari Program Studi Psikologi.

Sebagai penutup, Dinda menjelaskan dasar motivasinya, "Motivasi saya untuk terus produktif dan semangat sebetulnya karena ingin menantang diri saya sejauh mana ingin mengepakkan sayap untuk terbang. Oleh karena itu, saya berusaha selalu menyeimbangkan waktu antara kuliah, ibadah, organisasi, prestasi, organisasi, dan healing." (Rin)

uad.ac.id




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline