Lihat ke Halaman Asli

Universitas Ahmad Dahlan

Perguruan Tinggi Muhammadiyah

Bagaimana Menulis Esai Agar Juara?

Diperbarui: 22 Agustus 2024   18:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dhita Pratama Putra mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan Juara Esai (UAD) (Foto: pribadi)

Kecintaan di dunia menulis sudah mengantarkan Dhita Pratama Putra, mahasiswa Fisika Universitas Ahmad Dahlan (UAD), ke berbagai kompetisi dan berhasil mendapatkan juara. Baru-baru ini, laki-laki yang kerap disapa Dhita itu berhasil menjadi juara kepenulisan esai yang diadakan oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat UAD.

Saat ditanya tentang prestasinya, ia tak segan berbagi tips dalam menulis esai, "Pastinya kita harus cermat dengan ketentuan perlombaan dan subtemanya seperti apa, lalu kita bisa memilih tema yang sesuai dengan latar belakang pendidikan kita atau ilmu kita sehingga di dalam penyusunan naskah tidak mengalami kesulitan. Setelah itu, kita harus mencari tahu benang merah dari esai yang kita tulis, yang terdiri atas judul, latar belakang, rumusan masalah, tujuan, metodologi dan isi, serta terakhir kesimpulan. Itu harus seiring antara satu sama lain, tidak boleh jauh beda."

Kemenangannya kali ini, Dhita berpartisipasi dalam lomba bertema teknologi. Untuk lini masanya yakni pendaftaran, dilanjutkan dengan sistem seleksi naskah, dan untuk naskah tiga terbaik masuk ke dalam babak presentasi. Ia telah membuktikan bahwa jurusan apa pun yang ditekuni, tetap bisa menghasilkan prestasi. Dhita yang berasal dari Program Studi Fisika, tetap percaya diri mengikuti ragam lomba, tak terkecuali yang temanya cukup jauh dengan bidang yang digeluti selama ini. Semua itu tergantung dengan niat kita untuk terus belajar dan mencoba kesempatan yang ada, khususnya dalam berbagai perlombaan.

Sebagai penutup wawancara, Dhita menambahkan tips dalam memenangkan presentasi esai. "Harus disiapkan jauh-jauh hari untuk presentasi yang menarik di hadapan juri. Percayalah bahwa proses tidak pernah mengkhianati hasil." (Rini)

uad.ac.id




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline