Lihat ke Halaman Asli

Universitas Ahmad Dahlan

Perguruan Tinggi Muhammadiyah

Kombinasi Experiential Learning dan Canva untuk Pembelajaran yang Menyenangkan

Diperbarui: 16 Agustus 2024   12:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa Prodi PPG Prajabatan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melaksanakan praktik pembelajaran mandiri di SMP Negeri 16 Yogyakarta (Foto: Istimewa)

Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2023 Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Nur Puji Astiwi, S.Pd., melaksanakan praktik pembelajaran mandiri pada kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) 2 di Kelas VIII A SMP Negeri 16 Yogyakarta pada Kamis, 8 Agustus 2024.

Pembelajaran yang dilakukan yakni menggunakan metode experiential learning dengan berbantuan media interaktif Canva. Metode tersebut relevan dalam praktik menulis teks laporan hasil observasi, dengan berbantuan media interaktif Canva sebagai bentuk mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran.

Nur Puji Astiwi mengungkapkan, metode experiential learning dilakukan dengan pengamatan secara nyata pada lingkungan sekitar sehingga menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan. Ini berbeda dari pembelajaran seperti biasanya, karena prosesnya dilakukan di luar ruang kelas seperti lapangan, taman, perpustakaan, dan lainnya. Siswa pun dapat mengeksplor lebih luas dari pemahaman mereka.

"Siswa menciptakan karya tulis teks laporan hasil observasi dengan kreatif karena mereka mengobservasi objek secara langsung. Pembelajaran berjalan kondusif dan penuh antusias dari siswa kelas VIII A," paparnya.

Selain itu, adanya integrasi teknologi dengan media Canva dapat meningkatkan fokus siswa dalam menerima dan memahami penguatan materi. Berdasarkan pre-test yang dilakukan sebelum pembelajaran, diperoleh informasi tentang pengetahuan dan kemampuan awal siswa yang masih diperlukan strategi peningkatan hasil belajar.

Oleh karena itu, pemilihan metode experiential learning dan media Canva merupakan solusi yang tepat untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, berpusat pada siswa, serta mencapai tujuan pembelajaran dan hasil pembelajaran yang maksimal. (Nur)

uad.ac.id




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline