Lihat ke Halaman Asli

Universitas Ahmad Dahlan

Perguruan Tinggi Muhammadiyah

Penerjunan KKN Madinah UAD

Diperbarui: 4 September 2024   13:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Terjunkan Mahasiswa KKN Madinah (Dok. pribadi)

Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Unit 131 Madinah Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menghadiri acara pelepasan yang diselenggarakan di Aula Islamic Center Kampus IV UAD pada Sabtu, 27 Juli 2024. UAD menerjunkan 1.528 mahasiswa yang siap menjalankan KKN ke tujuh titik lokasi, salah satunya ialah Madinah. KKN ini bertujuan untuk mengembangkan soft skill mahasiswa melalui pengabdian dan berbaur dengan masyarakat.

Sebanyak 12 mahasiswa yang diketuai oleh Gandi Muhammad dan didampingi oleh Beni Suhendra Winarso, S.E., M.Si. siap mengabdi di  Madinah. Dalam kegiatan ini, tim KKN Unit 131 Madinah mengusung tema "Mengembangkan Potensi Anak Indonesia di Madinah Melalui Literasi dan Budaya Nusantara".

Mereka menyusun berbagai program kerja untuk membantu siswa-siswi dalam kejar paket A, B, dan C Kurikulum Merdeka sekaligus mengembalikan kecintaan terhadap tanah air melalui budaya nusantara. Tentunya, hal-hal tersebut dikemas dalam bentuk pengajaran yang interaktif yang menjadikan para siswa semangat untuk mempelajarinya.

Selain itu, terdapat agenda kunjungan ke Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah serta mengadakan program kolaborasi dengan Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Madinah dan Pimpinan Cabang Luar Negeri Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PC LN IMM) Madinah guna saling tukar informasi dengan berbagai program kerja yang relevan.

Pelepasan KKN ini dipimpin langsung oleh Wakil Rektor Bidang Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, Dr. Nur Kholis, S.Ag., M.Ag. dan dibuka dengan kalam illahi. Kali ini qori yang tugaskan ialah M. Akmal Pramulia, salah satu mahasiswa KKN Unit 131 Madinah. Kemudian dilanjut laporan KKN oleh Kepala Bidang PkM dan KKN, Dr. Muhammad Hamdi, S.E., MBA. dan penyematan simbolis kepada ketua KKN, dan terakhir ditutup dengan doa bersama yang diharapkan kegiatan KKN kali ini dapat berjalan dengan lancar dan menjadi manfaat.

Tim KKN Unit 131 Madinah berharap dengan adanya program ini, tidak hanya memberi dampak positif bagi anak-anak Indonesia di Madinah, tetapi juga menjalin silaturahmi dengan kedutaan Indonesia yang ada di Arab Saudi serta memperkuat kolaborasi dengan organisasi dan komunitas Indonesia yang ada di Madinah. (doc)

uad.ac.id

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline