Lihat ke Halaman Asli

Universitas Ahmad Dahlan

Perguruan Tinggi Muhammadiyah

Mahasiswa UAD Raih Juara II Lomba Cipta Puisi Nasional

Diperbarui: 1 Agustus 2024   11:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Intan Awalia Putri, mahasiswi prodi PBSI Universitas Ahmad Dahlan meraih juara II dalam Lomba Cipta Puisi Nasional (Foto: Istimewa)

Intan Awalia Putri, mahasiswi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), berhasil meraih juara II dalam Lomba Cipta Puisi Nasional Sandiwara Purnama #6 yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Genesa UIN Walisongo Semarang. Lomba yang diadakan secara daring ini menarik minat sekitar 400 peserta umum dan 20 peserta dari perguruan tinggi.

Puisi karya Intan yang berjudul "Derita yang Mengudara" mengangkat tema tentang perjuangan manusia modern dalam memenuhi ekspektasi diri yang sering kali membawa penderitaan. Melalui puisinya, Intan mengajak pembaca untuk menyadari bahwa di tengah penderitaan, selalu ada Tuhan yang mendengar dan menerima rintihan doa.

Proses penciptaan puisi ini tidaklah mudah bagi Intan. Ia menghadapi tantangan dalam menyesuaikan isi puisinya dengan tema yang diangkat. "Butuh beberapa waktu bagi saya untuk memantapkan hati memilih tema manusia sebagai dasar utama saya membuat puisi 'Derita yang Mengudara'," ujarnya.

Meskipun penuh tantangan, Intan merasa sangat antusias mengikuti lomba ini. "Ada kesempatan bagi saya untuk mengetahui potensi dalam dunia sastra, terutama puisi, bersama orang-orang yang memiliki kegemaran yang sama dengan saya. Pesannya, semoga semakin banyak kegiatan yang dapat memacu saya untuk berkarya, salah satunya melalui perlombaan seperti ini," tambahnya.

Motivasi terbesar Intan dalam mengikuti lomba ini adalah untuk mengukur kemampuannya dalam menciptakan puisi. Ke depannya, ia bertekad untuk terus mengembangkan potensinya di dunia sastra secara lebih mendalam.

uad.ac.id




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline