Lihat ke Halaman Asli

Universitas Ahmad Dahlan

Perguruan Tinggi Muhammadiyah

Minim Aktivitas Fisik, Mahasiswa Kesmas UAD Ajak Warga Jaranan Senam Sehat

Diperbarui: 24 Juli 2024   15:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa Kesehatan Masyarakat UAD Ajak Masyarakat Jaranan, Banguntapan, Bantul Terapkan Hidup Sehat (Foto: Pribadi)

Mahasiswa Program Studi (Prodi) Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) sukses menyelenggarakan senam sehat dan penyuluhan hipertensi di RT 13 Padukuhan Jaranan, Banguntapan, Bantul. Acara ini dilaksanakan pada Minggu, 30 Juni 2024 dan diikuti 30 peserta warga masyarakat berbagai usia.

Kegiatan itu merupakan bentuk intervensi dari hasil community diagnosis pada kegiatan Praktik Belajar Lapangan (PBL). Sebab, diketahui bahwa permasalahan kesehatan utama warga setempat adalah tingginya hipertensi dan rendahnya aktivitas fisik.

Tim PBL yang terdiri atas empat mahasiswa ini menyelenggarakan senam sehat selama 45 menit dilanjut dengan penyuluhan hipertensi menggunakan media poster. Bentuk intervensi tersebut telah disepakati bersama dengan perwakilan warga dalam agenda Musyawarah Masyarakat Desa (MMD).

"Permasalahan hipertensi masih melekat dalam kondisi sosial ekonomi dan keadaan penduduk warga mayoritas di usia pralansia. Kejadian tersebut dikarenakan warga kurang sering melakukan aktivitas fisik jadi senam lansia ini cocok sekali untuk warga di sini," ujar Endri selaku RT setempat.

Kegiatan ini tak lepas dari bimbingan Fitriana Putri Utami, S.K.M., M.Kes. selaku dosen pembimbing lapangan (DPL) mahasiswa. Hafizh selaku ketua tim PBL menuturkan bahwa intervensi tersebut diharapkan tidak hanya memberikan manfaat langsung kepada masyarakat Padukuhan Jaranan RT 13. Namun juga menjadi inspirasi bagi organisasi masyarakat dan padukuhan lain untuk terus perhatian terhadap masalah kesehatan dan berinovasi dalam kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. (doc)

uad.ac.id




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline