Lihat ke Halaman Asli

Universitas Ahmad Dahlan

Perguruan Tinggi Muhammadiyah

UAD dan PLTI Tandatangani Nota Kesepahaman

Diperbarui: 18 Juli 2024   11:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Jalin Kerja Sama dengan Pusat Layanan Tes Indonesia (Foto: Humas dan Protokol UAD)

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menjalin kerja sama dengan Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI). Kerja sama ini terjalin atas inisiasi dari Biro Sumber Daya Manusia (BSDM) UAD. Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) dan Memorandum of Agreement (MOA). Penandatanganan dilakukan oleh Rektor UAD Prof. Dr. Muchlas, M.T. dengan Direktur Utama PLTI Dra. Retno Suhapti, S.U., M.A., Psikolog. di ruang kaca lantai 10 Kampus Utama UAD, Rabu, 17 Juli 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor UAD didampingi Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia Dr. Norma Sari, S.H., M.Hum. Pada penandatanganan ini turut hadir Kepala BSDM UAD Dr. Hendro Widodo, M.Pd., Kepala Kantor Kerja Sama dan Urusan Internasional (KKUI) UAD Ulaya Adhiani, S.S., M.Hum, dan beberapa unit lainnya.

Muchlas dalam sambutannya mengatakan, penandatanganan kerja sama antara UAD dan PLTI menjadi hal yang sangat membahagiakan. Ia memandang ini sebagai aktivitas yang penting, di mana implementasinya nanti adalah penyelenggaraan tes kemampuan bahasa Inggris dan tes potensi akademik.

"Tes inilah yang akan digunakan sebagai syarat pengajuan sertifikasi dosen maupun pengajuan lainnya. Kami berharap para dekan dapat memotivasi dosen di fakultas masing-masing untuk mempersiapkan sertifikasi sedini mungkin," ujarnya.

Sementara dalam kesempatan yang sama, Retno Suhapti menceritakan histori singkat dari lembaga yang dipimpinnya. Ia menjelakan PLTI sudah ada sejak tahun 2014 yang pendiriannya diprakarsai oleh Perkumpulan Pendidikan Bahasa Inggris di Indonesia dan Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi).

"Jika melihat fenomena saat ini, banyak dosen-dosen di Jogja yang harus keluar kota untuk melakukan tes sebagai syarat sertifikasi karena minimnya tempat penyelenggara tes," ungkapnya.

Lebih lanjut ia menekankan, melalui penandatanganan nota kesepahaman ini, harapannya UAD bisa menggandeng perguruan tinggi lain agar dosen-dosen mereka bisa melakukan tes di dalam kota. "Selain itu, kami juga berharap semoga kerja sama ini bisa menguntungkan satu sama lain, baik UAD maupun PLTI," tandasnya. (ish)

uad.ac.id




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline