Lihat ke Halaman Asli

Universitas Ahmad Dahlan

Perguruan Tinggi Muhammadiyah

Tim PPKO HIMAFI UAD Launching Sanggar Tani Muda Buana di Pagerharjo

Diperbarui: 12 Juli 2024   13:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Peresmian Sanggar Tani Muda Puspa Buana di Desa Pagerharjo oleh PPKO Himafi UAD (Foto: Istimewa)

Sabtu, 29 Juni dan Sabtu, 6 Juli 2024, tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPKO) Himpunan Mahasiswa Program Studi Fisika (PPKO) Himafi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) meresmikan Sanggar Tani Muda Puspa Buana di Desa Pagerharjo, Kulon Progo. Acara ini merupakan bagian dari kaderisasi dan soft launching yang ditandai dengan pembentukan struktural sanggar tani muda yang diberi nama Sanggar Tani Muda Puspa Buana, sekaligus pemotongan pita sebagai simbolis peresmian sanggar.

Ketua tim PPKO Himafi Zahrotul Mukaromah memimpin rangkaian kegiatan. Agenda utama berupa pemaparan program kerja, termasuk penggunaan teknologi pertanian seperti solar dryer untuk pengeringan hasil panen dan sistem penyiraman, serta penanaman bibit vanili. Selain itu, dipaparkan pula nantinya akan ada sosialisasi pembuatan produk essential oil dari vanili. Produk ini memiliki potensi besar untuk diekspor ke luar negeri, terutama jika kualitas dan produksinya terus ditingkatkan. Strategi pemasaran produk juga menjadi fokus utama dalam perencanaan ke depan, yang akan didukung oleh lokakarya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota sanggar.

Ketua umum terpilih, Tabdra Arifianto, menyatakan rasa semangat dan motivasinya. Ia berharap dengan adanya Sanggar Tani Muda Puspa Buana, para remaja di Desa Pagerharjo dapat semakin termotivasi untuk bertani dan mampu meningkatkan perekonomian desa melalui fokus utama mereka, yaitu penanaman vanili.

"Dengan semangat yang tinggi, Sanggar Tani Muda Puspa Buana diharapkan menjadi pendorong bagi kemajuan pertanian desa serta memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal," imbuh Tabdra.

Acara peresmian ini juga mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah desa dan masyarakat lokal yang peduli terhadap pengembangan pertanian di Desa Pagerharjo. Dukungan ini diharapkan dapat membantu sanggar dalam merealisasikan program-programnya dan memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat desa. (eka)

uad.ac.id




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline