Lihat ke Halaman Asli

Universitas Ahmad Dahlan

Perguruan Tinggi Muhammadiyah

Gandeng LazisMu, IMM FKM dan IMM FK UAD Gelar Cek Kesehatan Gratis dan Donor Darah

Diperbarui: 28 Maret 2022   12:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

IMM FKM dan IMM FK UAD bersama Lazismu Adakan Donor Darah dan Cek Kesehatan Gratis (Foto: Istimewa)

Donor darah merupakan kegiatan sosial sebagai wujud peduli terhadap sesama, karena darah yang disumbangkan sangat berarti untuk orang yang membutuhkan. Bagi pendonor juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, menurunkan risiko terkena penyakit pada pembuluh darah, dan meningkatkan produksi eritrosit. Kegiatan donor darah mengajarkan kepada kita untuk menanamkan jiwa sosial membantu kepada sesama dengan belajar rutin menyumbangkan darah, juga mengajarkan nilai-nilai keislaman dalam bidang kesehatan masyarakat.

Latar belakang itulah yang membuat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) & IMM Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) bekerja sama dengan Lazismu, RS PKU Yogyakarta, dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Yogyakarta melakukan kegiatan aksi donor darah dan cek kesehatan secara gratis yang dilaksanakan pada Rabu, 23 Maret 2022 pukul 08.00--12.00 WIB di Lapangan Basket Kampus III UAD.

Acara ini diadakan dalam rangka semarak Milad IMM ke-58. Total jumlah peserta yang ikut adalah 72 orang, terbagi menjadi 34 pendonor yang dinyatakan lolos donor darah dan 68 yang tidak, kemudian diarahkan untuk melakukan pengecekan kesehatan gratis bersama RS PKU Yogyakarta. Cek kesehatan yang dilakukan ialah tekanan darah, cek gula darah, dan konsultasi gratis bersama dokter dari RS PKU Yogyakarta.

Manager regional Lazismu DIY, Marzuki mengatakan, "Kami menyambut baik kerja sama antara Lazismu juga IMM FKM dan IMM FK UAD ini untuk menyelenggarakan kegiatan donor darah serta cek kesehatan." Ia menambahkan bahwa program ini sesuai dengan salah satu pilar Lazismu yaitu dalam bidang kesehatan.

Program kerja sama antarorganisasi dan lembaga untuk memperingati Milad IMM ke-58 itu sekaligus mendapatkan apresiasi dari pembina IMM FKM UAD karena berbeda dari sebelumnya yang pernah ada.

"Ini sangat menarik, kerja sama program donor darah dan cek kesehatan gratis antar IMM FKM UAD, IMM FK UAD, PKU Muhammadiyah, dan PMI. Terima kasih juga kepada Lazismu yang telah mendukung. Harapannya semoga selalu terjaga kesehatan kita dan selepas ini kita dapat membantu bertambahnya ketersediaan darah, khususnya untuk daerah Yogyakarta. Sebab kita ketahui sendiri setetes darah kita bermanfaat untuk kehidupan berikutnya," Ahid Mudayana selaku dosen FKM menuturkan.

Kegiatan yang akan memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat terutama di lingkungan warga sekitaran kampus ini juga sebagai bentuk program kesehatan basis sosial dengan berikan layanan kesehatan gratis.

"Ini merupakan kegiatan humanis, yakni bermanfaat untuk lingkungan mahasiswa dan untuk meningkatkan imun," timpal ketua panitia pelaksana, Muhammad Khairul S.

Dengan adanya acara ini, semoga dapat meningkatkan kesadaran akan manfaat dan pentingnya donor darah serta melakukan cek kesehatan secara rutin. Semoga tidak ada lagi kekurangan kantong-kantong darah untuk kebutuhan kemanusiaan dan kita dapat saling menjaga kesehatan untuk kebaikan sesama. (wid)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline