Lihat ke Halaman Asli

Universitas Harapan Bangsa

Kampus 1: Jl. Raden Patah No. 100, Ledug Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas ; Kampus 2: Jl. Wahid Hasyim No. 274 A, Karangklesem Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas

Fakultas Ilmu Sosial UHB Upgrade Kurikulum Pendidikan

Diperbarui: 24 Juli 2023   13:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Input sumber gambar

PURWOKERTO - Universitas Harapan Bangsa (UHB) Kabupaten Banyumas selalu berupaya mengikuti perkembangan era. Termasuk kebijakan-kebijakan pemerintah mengenai dunia pendidikan saat ini.

Untuk itu, UHB Purwokerto juga rutin melakukan pembaharuan pada kurikulum pembelajaran di masing-masing fakultas. Seperti yang dilakukan oleh Fakultas Ilmu Sosial Universitas Harapan Bangsa.

Menjelang tahun ajaran 2023/2024, Fakultas Ilmu Sosial UHB melakukan berbagai persiapan. Salah satunya dengan mempersiapkan kurikulum baru untuk mahasiswa baru UHB, terutama angkatan ke-5 Fakultas Ilmu Sosial UHB.

Wakil Rektor 2 UHB, Dr Yuris Tri Naili, S.H., K.N., M.H., menjelaskan, sesuai dengan pedoman pembelajaran di UHB, peninjauan kurikulum memang rutin dilakukan setiap empat tahun sekali, khususnya untuk perubahan-perubahan mendasar pada kurikulum di masing-masing program studi.

Hal itu dilakukan agar kurikulum yang disampaikan kepada para mahasiswa nanti relevan dengan apa yang berkembang dan dibutuhkan pasar kerja ke depannya. Tujuannya dari peninjauan kurikulum tersebut diantaranya menyiapkan profil lulusan yang kompeten dan mampu bersaing di dunia kerja.

"Ini juga sebagai bentuk penyesuaian kurikulum terhadap dinamika global yang terus berkembang. Salah satunya seperti perkembangan teknologi yang semakin pesat. Sehingga ke depan para mahasiswa dan lulusan juga bisa menyesuaikan perkembangan zaman berdasarkan kurikulum atau mata kuliah yang diterimanya saat mengemban jenjang pendidikan di UHB," jelasnya.

Selain penyesuaian kurikulum yang dilakukan empat tahunan, masing-masing program studi di masing-masing fakultas yang ada di UHB, juga melakukan evaluasi kurikulum berkala, baik per semester maupun per tahun.

"Berdasarkan evaluasi-evaluasi tersebut, bisa menjadi referensi masing-masing program studi untuk menyesuaikan kurikulum ke depannya. Baik mata kuliah yang relevan, termasuk disesuaikan dengan jumlah SKS per mata kulaih," ungkapnya.

Terpisah, Dekan Fakultas Ilmu Sosial UHB, Alfizi, S.E., M.M., menambahkan untuk proses penyesuaian kurikulum di masing-masing program studi, diawali dengan evaluasi dari masing-masing tim program studi.

"Selanjutnya dilakukan workshop peninjauan kurikulum secara internal yang dihadiri seluruh tim program studi, serta jajaran pimpinan UHB dan lembaga-lembaga yang ada di UHB. Tujuannya untuk mendapatkan masukan-masukan terkait penyesuaian kurikulum dari internal UHB terlebih dahulu," kata dia.

"Setelah itu baru dilakukan workshop eksternal yang akan mengundang praktisi, ahli bidang kurikulum, stakeholder, dan lainnya untuk melakukan penyusunan kurikulum, sebelum disahkan menjadi kurikulum baru," lanjut Alfizi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline