Lihat ke Halaman Asli

Ummu el Hakim

TERVERIFIKASI

Hanya seorang emak biasa

Trik Menu Sehat dan Cepat agar Anak tak Menolak Sayur saat Sahur

Diperbarui: 13 Mei 2019   20:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : sahabatnestle.co.id

"Bu enggak mau makan sayur, maunya telur," begitulah rengekan si Sulungku jikalau hendak ditawarkan sayur pada menu sahur.

Selalu menolak. Alasannya banyak. Yang mulutnya masih malas mengunyah berbagai sayuran. Yang aromanya bikin eneg meski itu cuma sekedar perasaan. Seribu alasan dilibatkan hanya untuk sebuah penolakan.

Tak dipungkiri makan sahur memang rasanya masih serba tak nyaman. Apalagi untuk anak anak perlu beradaptasi terlebih dahulu dengan keadaan. Terlalu pagi, barangkali itulah alasan yang membuat lidah anak masih malas malasan.

Padahal menu sehat sahur harus menyertakan sayur. Untuk apa? Tentu untuk menambah stamina dan daya tahan tubuh agar tetap terjaga. Namun jika kupaksa pasti anak semakin tak mau menerima.

Akhirnya aku pun berusaha mencari cara agar tak terjadi penolakan untuk tawaran makan sayur saat sahur. Bukan hal yang mudah dalam memberikan sebuah pengertian kepada anak. Namun dengan sedikit memberi sentuhan trik barangkali anak menjadi tertarik untuk melirik.

Benar saja, beberapa hari puasa, acara makan begitu bahagia. Si Sulung mau menyantap sayur meski emak harus sedikit rela untuk menyiapkan trik istimewa yang telah diatur sebelumnya. Yang terpenting masih tetap sehat dan cepat disajikan. Mengingat waktu sahur yang teramat singkat.

Kebetulan anakku suka sekali telur. Aku mencoba memadukannya dengan sayur. Nah inilah beberapa kreasi menu sebagai trik untuk menarik anak agar tak menolak sayur saat sahur. Tentu saja aku dibantu oleh asisten Google yang selalu cerdas dalam mencarikan menu favorit untuk anak. Semoga bermanfaat.


Omelet Jamur dan Sayur Tabur Keju Mozzarella

Sumber : lifestyle.sindonews.com

Ini adalah salah satu trik menyembunyikan sayur di dalam telur tanpa mengurangi aroma khasnya yang gurih dan nikmat. Yup, ketemulah omelet jamur dan sayur tabur keju mozzarella.

Siapkan jamur kancing setelah itu dipotong tipis. Bisa campurkan wortel. Lalu tumis dengan menggunakan sedikit minyak. Sisihkan.

Sementara itu, telur dikocok lalu tambahkan sedikit garam dan penyedap. Masukkan tumisan jamur sayur tadi ke dalam kocokan telur. Sisihkan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline