Lihat ke Halaman Asli

Australia ke AFC dan AFF, Indonesia ke Oceania?

Diperbarui: 24 Juni 2015   08:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Menarik juga salah satu ide yang diungkapkan cpach timo di halaman detik.com. Disana beliau memberikan gagasan bahwa perlu juga dikaji mengenai kemungkinan PSSI untuk pindah ke zona oceania.

Alasannya, persaingan di Asia sudah terlampau kuat. Dan infrastruktur serta kualitas sumber daya manusia kita yang sudah sangat jauh tertinggal di Asia. Dengan ke Oceania, setidaknya kita akan bertemu tim-tim negara satu kelas.

Pindah zona juga memperbesar peluang klub atau timnas bermain di level dunia. Contohnya Haiti kemarin di piala konfederasi. Negara dengan jumlah penduduk 200rb (sekecamatan di Jawa Timur), saja bisa memukau dunia. Belum lagi kans klub macam Persipura atau klub juara lainnya untuk bermain di kejuaraan dunia antar klub.

Menurut penulis, tidak ada yang salah dengan wacana tersebut. Setidaknya merupakan wacana segar. Walaupun bisa juga dikatakan sebagai cata instan mencapai kejuaraan dunia, namun efek terbesarnya justri akan dirasakan pemain sendiri. Pemain akan lebih banyak berkompetisi dengan pemain level yang sama. Sehingga jika kita sudah berbenah da menguasai Oceania, batu kita kembali ke AFC. Tentu nantinya dengan infrastruktur dan sumber daya yang lebih baik.

Yang jelas, untuk SEA Games dan piala AFF kita masih terdaftar, karena bukan agenda resmi FIFA.

Bagaimana menurut anda?




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline