Peserta didik pada masa ini sudah mempunyai gaya berpikir yang berbeda dengan peserta didik di masa lalu, maka itu perlu di adakan inovasi dalam pembelajaran. Baik itu merubah metodenya, strateginya maupun model pembelajarannya. Inovasi dalam pembelajaran merupakan sesuatu hal yang perlu untuk dilakukan, karena dengan adanya inovasi dalam pembelajaran akan merubah kegiatan belajar yang lebih modern dan bermakna
Inovasi pembelajaran yang ingin saya wujudkan yaitu berupa permainan yang selalu di kaitkan dengan materi yang akan di sampaikan. Yang saya beri judul "Permainan untuk Meningkatkan Pembelajaran". Jadi, di sini guru dapat menyampaikan materi yang akan diajarkan pada siswanya dengan bantuan permainan yang sedang "in" atau populer dikalangan anak-anak. Tidak hanya permainan yang sedang populer tetapi juga bisa menggunakan permainan tradisional, selain untuk memudahkan materi agar sampai pada anak tetapi hal tersebut juga bertujuan untuk mengenalkan pada siswa permainan tradisional yang mungkin sudah mulai punah di kalangan mereka saat ini.
Mengapa saya memunculkan ide ini, karena guru SD tentu nantinya akan menghadapi siswa yang masih anak-anak, tentunya siswa SD masih usianya untuk bermain, ya mungkin dengan cara selalu mengaitkan materi yang akan di sampaikan dengan permainan, akan mempermudah anak untuk menerima dan memahaminya. Inovasi pembelajaran dengan permainan seperti ini paling cocok diterapkan untuk siswa SD kelas 1 hingga kelas 4 SD.
Yang dapat mengguanakan inovasi ini tentunya adalah seorang guru yang memiliki kepribadian bersahabat, dekat, humoris, "luwesan", kreatif, kritis, tidak pemalu, dan memiliki pengetahuan yang banyak tentang permainan anak-anak. Langkah-langkah bagaimana untuk menerapkannya cukup mudah. Pertama, guru harus menguasai dengan baik materi yang akan disampaikan. Kedua, guru menentukan permainan apa yang kira-kira cocok untuk materi yang sudah di persiapkan. Tentunya guru dapat lebih pintar menyesuaikan antara materi yang akan disampaikan dan permaianan bagaimana yang cocok untuk di jodohkan dengan materinya. Ketiga, guru menjelaskan pada siswa dengan mengombinasikan antara materi dengan permainan, tentunya dengan menggunakan peraturan yang sesuai dengan permainan yang sedang digunakan.
Dalam sebuah penemuan atau inovasi tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya. Kelebihan pembelajaran dengan permainan ini adalah siswa lebih tertarik untuk mengikuti pelajaran, lebih semangat, memudahkan materi agar sampai pada siswa dan dapat mengembangkan kreatifitas siswa. Kekurangannya adalah belum tentu semua siswa suka dengan permainan yang sedang digunakan, bukannya paham dan menguasai materinya tetapi lebih paham dan menguasai permainannya, tidak semua guru memiliki kepribadian yang sama dengan yang ditentukan dalam inovasi ini.
Yah, namanya juga sebuah ide, pendapat atau usulan. Pastinya tidak semua orang mau menerimanya, tetapi ada juga orang yang mau menerima pendapat tentang hal ini. Tentang suatu hal pasti ada pro dan kontranya. Yang diharapkan dari adanya inovasi ini, seorang guru dapat memiliki cara yang bervariasi dalam menyampaikan materi pada siswanya. Diharapkan juga guru dan siswa memiliki semangat tinggi untuk dapat terus berperan aktif dalam pendidikan di Indonesia. Mudah-mudahan saja, dengan adanya berbagai inovasi yang bermunculan dalam pembelajaran dapat terus memajukan pendidikan di Indonesia ini, untuk terus menjadi lebih baik dan menciptakan anak didik yang dapat dikenal di mata dunia karena prestasinya. ^_^ . . . . . .
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H