Lihat ke Halaman Asli

Berita UMS

Dikelola oleh Bidang Humas Universitas Muhammadiyah Surakarta

Viral! Nyaman Kuliah di UMS, Mahasiswi Kristen Ini Bagikan Cerita Menarik

Diperbarui: 18 Juli 2024   16:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Humas UMS

ums.ac.id, SURAKARTA - Viral di media sosial, Mahasiswi beragama Kristen membagikan pengalamannya selama kuliah di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dilansir dari IBTimes.ID yang ditulis oleh Muhammad Saleh dengan judul 'Saya Kristen, dan Saya Muhammadiyah'.

Tidak hanya pada website, tulisan ini juga dimuat di instagram ibtimes.id yang ramai diperbincangkan netizen. Postingan tersebut diberi judul 'Mahasiswi Kristen Ini Ngerasa Nyaman Banget Ngampus di Muhammadiyah'.

Saat diwawancarai tim Humas UMS, Juliananta Putri Atmadja atau yang akrab disapa Lily merupakan mahasiswa program studi Ilmu Hukum membagikan cerita menarik selama kuliah di UMS.

"Kalau dari pertemanan di UMS asik-asik aja, jadi mereka tidak pernah membeda-bedakan. Awalnya saya mengira nanti gimana ya pas kuliah, tapi ternyata mereka baik-baik semua malahan. Malah sudah sama-sama paham aja," ungkap Lily Kamis, (18/7).

Terus kalau dari dosennya, lanjutnya, juga perhatian dan tidak membeda-bedakan mahasiswanya.

"Pernah pas dulu itu ada hari raya sama cuti, waktu cuti itu saya sudah kuliah. Malah ditanya kok Lily sudah masuk kuliah. Jujur pas itu saya merasa terharu gitu, dosen masih mengingat itu dan sampai saat ini masih teringat terus. Jadi toleransinya kuat banget," papar mahasiswa prodi Ilmu Hukum tersebut.

Menurutnya, meskipun hal tersebut mungkin sepele, tetapi itu akan tetap menjadi ingatan yang terkenang. Lily menambahkan dosen UMS itu juga tidak mendiskriminasikan dalam memberikan nilai karena adanya perbedaan tersebut.

"Awalnya saya takut, nanti gimana ya untuk nilai. Tapi sejauh ini nilaiku bagus-bagus aja, sesuai dengan kemampuan dan apa yang dipelajari sebelumnya. Pengalamanku sejauh ini, saya malah merasa lebih berkembang sih terutama dalam menjadi konten kreator. Dari dulu saya memang suka buat video-video gitu. Awalnya dulu random, tapi pas masuk UMS jadi lebih tertata gitu," kata Lily.

Di UMS, Lily juga belajar tentang bagaimana saling menghargai perbedaan.

"Dalam hal pakaian, UMS tidak mewajibkan mahasiswa non Islam untuk menggunakan hijab, yang penting bebas rapi sopan. Nah yang seru pas bulan Ramadan kemarin, asik banget merasakan suasana berburu takjil di sekitar kampus," terangnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline