Lihat ke Halaman Asli

Berita UMS

Dikelola oleh Bidang Humas Universitas Muhammadiyah Surakarta

Kaji Soal Analisis Data Digital Pemilu 2024, PSInfosos FKI UMS Hadirkan Founder Drone Emprit

Diperbarui: 30 Oktober 2023   06:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Humas UMS

ums.ac.id, SURAKARTA - Pusat Studi Informatika Sosial (PSInforsos) Fakultas Komunikasi dan Informatika (FKI) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) sukses menyelenggarakan workshop yang membahas analisis media sosial dalam konteks pemilihan umum (pemilu), pada Sabtu (28/10). Meskipun berlangsung secara daring (dalam jaringan), acara tersebut berhasil menhadirkan lebih 200 peserta dari berbagai penjuru Indonesia.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ismail Fahmi, yang merupakan pendiri Drone Emprit dan Media Kernels, sebagai narasumber utama.

Endang Wahyu Pamungkas, S.Kom., M.Kom, Ph.D, selaku Ketua Pusat Studi Informatika Sosial FKI UMS (PSInfososFKI) menjelaskan tujuan dari workshop itu, yakni memperkenalkan Pusat Studi Inforsos UMS kepada masyarakat luas.

Workshop tersebut juga dirancang untuk memberikan edukasi kepada para peneliti, dosen dan mahasiswa tentang pemanfaatan Drone Emprit untuk analisis data digital, dalam hal ini salah satu contohnya terkait pemilihan umum.

"Workshop kali ini kami kemas dengan pembahasan analisis data digital menjelang Pemilu 2024," ungkap Endang.

PSInfososFKI menyampaikan pesan bahwa aktivitas analisis data digital merupakan kegiatan yang menarik dan mudah dipelajari oleh masyrakat.

"Dengan adanya workshop tersebut semoga bisa memberikan pemahaman kepada peserta bahwasanya analisis media sosial tidak serumit yang dibayangkan," tambahnya.

Lebih jauh lagi, ke depan Pusat Studi Informatika Sosial akan menjalin kerjasama yang lebih intensif dengan Ismail Fahmi dalam penyelenggaraan pusat kajian big data.

Big data tersebut tentunya akan sangat membantu para peneliti menemukan data penelitian yang dibutuhkannya.

"Wacana ini akan kami tindak lanjuti secara serius, nantinya kami akan meminta arahan terlebih dahulu dari pihak universitas," jelas Endang, yang juga dosen Prodi Teknik Informatika UMS itu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline