Lihat ke Halaman Asli

Simak Sistem Pendidikan dan Pembelajaran yang Menarik di Umsida

Diperbarui: 3 Januari 2024   15:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Podcast Umsida menyapa kembali hadir dan mengundang Wakil Rektor 1 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) Dr Hana Catur Wahyuni ST MT. Siaran yang tayang pada Rabu, (20/12/2023) itu membahas mengenai sistem pendidikan dan pembelajaran yang diterapkan oleh Umsida.

Sistem Pendidikan Umsida

Sistem pendidikan dan pembelajaran di Umsida diciptakan variatif, inovatif dan memberikan karakter kepada mahasiswa, karakter itulah yang akan membedakan mahasiswa umsida dengan mahasiswa dari perguruan tinggi yang lainnya. Mahasiswa dibentuk agar sesuai dengan karakter dari akronim UMSIDA yaitu Uswah Mandiri Sinergi Integritas Dinamis Amanah.

Pendidikan Karakter

Karakter mahasiswa dibangun dengan diarahkan untuk mengikuti beberapa program yang dimiliki seperti Pendidikan Karakter Mahasiswa Umsida (PKMU). Dalam kegiatan ini mahasiswa mendapatkan edukasi mengenai ibadah, baca quran serta kajian-kajian islam lainnya. Sehingga mahasiswa mampu meningkatkan akidah dan akhlaknya mulai dasar.

Tak hanya itu, kurikulum di setiap prodi juga mengintegrasikan pendidikan Al Islam Kemuhammadiyahan. Dalam setiap kurikulum yang diberikan kepada mahasiswa dapat dikorelasikan dengan Al Islam menggunakan Alquran, Hadist dan lainnya.

"Sehingga mahasiswa dari hari ke hari akan mulai memahami dan terbiasa mengkorelasikan kehidupan dengan Al Islam kemuhammadiyahan dan itu akan menjadi budaya bagi dirinya ke depan," Ungkapnya.

Baca juga: Sejarah Penaklukan Palestina oleh Israel, dan Dunia Pun Tak Berkutik

Menerapkan Teknologi Digital

Kurikulumnya juga telah dikaitkan dengan perkembangan teknologi saat ini. "Misalnya di prodi Administrasi Publik, itu kami memberikan basis digital governance bagaimana mereka mampu mengelola sebuah pemerintahan berbasis dengan digitalisasi," Jelasnya

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline