Lihat ke Halaman Asli

Kuliah Motivasi Yudisium FBHIS 2023: Jangan Takut Berkarir di Perusahaan Multinasional

Diperbarui: 3 November 2023   17:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok FBHIS Umsida

Dalam pelaksanaan yudisium ke-30 Fakultas Bisnis Hukum dan Ilmu Sosial Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (FBHIS Umsida) 2023, terdapat satu sesi bernama kuliah motivasi. Kuliah motivasi ini disampaikan oleh Hasril Hasnam.

Dalam kuliah motivasi ini membahas tentang jenjang karir di ranah multinasional. Pertama-tama Ia menjelaskan beberapa manfaat yang bisa didapatkan mahasiswa Jika bekerja di perusahaan multinasional. 

Manfaat berkarir di perusahaan multinasional

Bekerja di suatu perusahaan multinasional bisa menjadi pintu atau peluang kerja yang lebih luas dibandingkan perusahaan lainnya. Lalu bekerja dengan rekan kerja dari mancanegara memiliki tantangan tersendiri yang bisa mengasah keterampilan seseorang.

Lihat juga: 688 Mahasiswa FBHIS Diyudisium 2023

Selain memperkaya resume, jika kinerja orang tersebut baik, maka dapat menambah hubungan yang baik pula sehingga bisa memperluas networking. Manfaat selanjutnya adalah dengan lingkungan kerja yang multikultural, bisa memperkaya pengetahuan secara global dan mengembangksn keterampilan interpersonal.

Hasril sapaan akrabnya, dalam kuliah motivasi ini juga memaparkan tentang bagaimana cara agar mahasiswa bisa menjajakan karir di dunia multinasional.

Dok FBHIS Umsida

Cara agar bisa berkarir di dunia multinasional

"Yang pertama kita harus mau dan siap berbaur dan bekerja dengan orang yang berasal dari latar belakang yang berbeda. Mungkin awalnya sedikit takut ya. Tapi orang luar negeri sedang ada gerakan bahwa perusahaan multinasional harus inklusif. Kita harus bisa menerima orang dari berbagai suku atau ras," Ucapnya.


Lebih lanjut, ia berpesan kepada mahaisswa agar tidak takut untuk mencoba. Mereka bisa melamar ke perusahaan asing yang ada di Indonesia maupun berangkat ke negara tersebut.

Lihat juga: Pentingnya Motivasi dan Personal Branding dalam Kuliah Motivasi Yudisium FPIP 2023

Lalu, Hasril juga membicarakan tentang pentingnya kemampuan bahasa asing yang menjadi bekal utama saat kerja di perusahaan multinasional. Oleh karenanya, jika seseorang yang ingin bekerja di perusahaan semacam itu, setidaknya telah memiliki basic skill dalam penguasaan bahasa asing.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline