Lihat ke Halaman Asli

Bertemakan Budaya, FPIP Yudisium 512 Mahasiswa

Diperbarui: 2 November 2023   14:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Humas Umsida

Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (FPIP Umsida) melaksanakan yudisium ke-2 tahun 2023 di Auditorium KH Ahmad Dahlan pada Kamis (2/11/2023).

Yudisium FPIP ini dihadiri okeh dekan dan seluruh ketua program studi yang ada di FPIP. Ada pula seluruh mahasiswa FPIP, hadir dalam yudisium ini yang terdiri dari program studi Psikologi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Guru PAUD (PG PAUD), Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), Pendidikan IPA dan Pendidikan Teknologi Informasi (PTI). Total keseluruhan mahasiswa yang mengikuti acara ini sebanyak 512 mahasiswa.

 

Dok Humas Umsida

Tema Yudisium FPIP

Dengan mengangkat tema Nusantara Vogaye to the Future, yudisium ini memiliki tampilan yang cukup unik. Saat memasuki auditorium, tamu akan diaambut dengan dekorasi tnamana dan lampu hias warna warni serta pencahayaan yang cantik. Senada dengan tema yang diusung, para dosen dan tamu undangan lainnya memakai baju adat yang bervariasi.

Lihat juga: Aksi FPIP Umsida Adakan Penggalangan Dana untuk Palestina

Dekan FPIP, Dr Septi Budi Sartika MPd menjelasnya alasan dibuatnya acara yudisium dengan konsep yang pertama kali digunakan saat yudisium FPIP ini. Tema berselancar untuk masa depan ini memiliki harapan tentang cita-cita yang selanjutnya yang akan dicapai mahasiswa.

Selain itu, dengan menggunakan tema ini, mahasiswa bisa merasakan kelulusan yang berbeda dan berkesan. "Jadi kami ingin meninggalkan pesan yang berbeda kepada mahasiswa. Karena kalau wisuda kan itu memang formal dan itu bersifat umum. Jadi dengan adanya tema ini kami tujukan untuk mempererat hubungan dosen dan mahasiswa," Ucapnya.

Konsep yudisium yang dirancang oleh civitas akademik FPIP selama satu bulan ini juga bertujuan untuk melestarikan budaya agar tidak punah atau diakui negara lain. Lalu, konsel ini juga bisa menjadi pembeda dengan kegiatan lainnya.

Acara ini dibuka dengan penampilan tari dari mahasiswa pmm Universitas Mataram yang mengiringi lagu undangan untuk memasuki auditorium. Setelah itu acara dibuka dengan sambutan-sambutan.

 

Dok Humas Umsida

Sambutan Yudisium FPIP

Dr Septi menyampaikan sambutan di hadapan seluruh mahasiswa yudisium FPIP sekaligus membuka acara yudisium ke-2 tahun 2023 ini.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline