Lihat ke Halaman Asli

Rakernas Apskar PTMA 2023, Jadikan Pusat Karir sebagai Character Building

Diperbarui: 30 Agustus 2023   15:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Rakernas apskar 2023 (Dok. Humas Umsida)

Umsida.ac.id - Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pusat Karir Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan 'Aisyiyah (Rakernas Apskar PTMA) 2023. Tema yang diusung yakni Menyatukan Gerak Pusat karir PTMA Menghasilkan Lulusan Profesional dan Berkarakter Islami. Rakernas dilaksanakan melalui Zoom Meeting pada Rabu (30/08/2023). 

Acara ini dilaksanakan sejak pukul 09.00 hingga 14.00 dan dihadiri oleh Pimpinan Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah, wakil rektor 3 Umsida, dan Career Development Center PTMA se-Indonesia. Dalam forum ini, Pimpinan Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah mengatakan forum ini adalah langkah awal untuk memfasilitasi mahasiswa dan alumni agar mendapatkan karir yang lebih baik. Adapun beberapa poin yang disampaikan sebagai berikut:

Dok. Humas Umsida

Apskar Jadi Wadah Character Building

"Majelis  mengapresiasi acara Rakernas Apskar agar kedepannya Apskar tidak hanya menjadi pusat karir yang menghubungkan mahasiswa dan alumni PTMA dengan dunia kerja saja. Tapi juga sebagai center of character building mereka. Karena kompetensi bekerja bisa didapatkan dimana saja, tapi jika karakter akan jadi ciri seseorang," ucap Nurhadi P.hD, perwakilan dari Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah.

Memperkuat Perserikatan

Yang kedua, lanjut Nurhadi, Apskar dapat mendorong para alumni PTMA untuk aktif di persyarikatan, tidak hanya di amal usahanya saja.

"Esensi dari amal usaha itu untuk mendukung gerakan dakwah persyarikatan sehingga kita jangan sampai terlepas dari dakwah yang menjadi tujuan utama dari persyarikatan," sambung Pengurus MSPP Diktilitbang PP Muhammadiyah ini.

Apskar dapat menjadi penggerak hal ini, mahasiswa yang sudah lulus sebisa mungkin tidak terlepas dari persyarikatan.

Lihat juga: Psikoedukasi Career Anxiety, Karya Mahasiswa Umsida ini Raih Juara 2 KIMPSI

Apskar Menerapkan Hal yang Ramah Teknologi

Nurhadi melanjutkan, "Pertemuan virtual ini menjadi contoh bahwa Apskar ramah teknologi sehingga banyak perwakilan PTMA yang bisa berpartisipasi,".

Ia berharap kedepannya model acara seperti ini bisa dikembangkan terutama untuk acara seperti webinar, peningkatan karir, sosialisasi, dan ceramah sehingga mudah dijangkau.

Apskar Melakukan Tracer Study

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline