Lihat ke Halaman Asli

UmsidaMenyapa1912

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

590 Santri Se-Jawa Timur Tunjukkan Bakatnya di Fashmu 2024

Diperbarui: 28 September 2024   23:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Humas Umsida

Festival Anak Sholeh Muhammadiyah (Fashmu) 2024 sukses terselenggara dengan lima kompetisi yang diikuti oleh sekitar 590 peserta dari berbagai daerah se-Jawa Timur yang diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) pada Sabtu, (28/09/2024).

Lihat juga: Inovasi Gen Z, dari Drone Rescue Hingga Penggerak Arus Digital, Jadi Pemenang Lomba LKTI Umsida

Drs Hasanuddin MAg selaku panitia kegiatan, dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan Fashmu perdana yang berhasil dilaksanakan.

Fashmu akan diselenggarakan secara rutin

“Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja Majelis tabligh PWM untuk meningkatkan kemampuan baca tulis Al Quran dan pembinaan prestasi para santri. Kegiatan ini menjadi tolak ukur keberhasilan pembinaan dan pembelajaran Alquran dan sunnah bagi para santri yang ada di Jawa Timur,” katanya.

Ada lima kompetisi yang diikuti oleh 590 santri se-Jatim ini, di antaranya seperti MTQ (Musabaqoh Tilawatil Qur'an) yang diikuti oleh 159. Lalu ada lomba MHQ (Musabaqah Hifdzil Qur'an) berjumlah 189 santri, ada pula LQK (Lomba Qira’atil Kitab) berjumlah 75 santri, ada Pildacil (Pemilihan Dai Cilik) yang diikuti oleh 86 peserta, dan LKI (Lomba Kaligrafi Islam) berjumlah 80 santri. 

Ketujuh kompetisi tersebut diikuti oleh peserta dengan rentang usia 5 hingga 17 tahun atau kisaran siswa Sekolah dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan moral dan material kepada jajaran persyarikatan Muhammadiyah maupun dukungan dari pihak luar persyarikatan,” ujarnya.

Wakil ketua PWM Jatim Dr M Sholihin F MPSDM ketika hendak menutup acara ini mengatakan, “Mudah-mudahan apa yang kita kerjakan mulai tadi pagi sampai malam hari ini adalah merupakan sesuatu yang sangat bermanfaat dan menjadi amal sholeh kita bersama-sama,”.

Insya Allah, imbuhnya, acara ini akan ini saya tegaskan sekali lagi akan kita laksanakan setiap tahun di skala nasional.

“Terima kasih kepada Majelis Tabligh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur yang sudah menyiapkan acara ini dengan luar biasa, begitu juga dengan semangat para peserta yangantusiasi mengikuti rangkaian kegiatan ini,”

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline