Lihat ke Halaman Asli

UmsidaMenyapa1912

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Tanamkan Makna Maulid Nabi, KKN T 11 Umsida Gelar Cerdas Cermat Para Santri

Diperbarui: 14 September 2024   06:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok KKN T 11

Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Bakhasab merupakan salah satu TPQ yang bertempat di desa Gelam, Candi. Menyambut Maulid Nabi, tim KKN T 11 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), mengadakan lomba islami di TPQ Bakhasab, Jumat (6/9/2024).

Lihat juga: KKN-P 38 Buat Pembelajaran TK dan TPQ Berbasis Teknologi di Desa Pandanarum

Lomba yang diadakan oleh teman-teman KKN-T kelompok 11 adalah lomba cerdas cermat dan mewarnai. Kegiatan lomba ini diikuti lebih dari 50 anak-anak dari berbagai kalangan usia. 

Salah satu cara meriahkan Maulid Nabi

Lomba cerdas cermat peringatan Maulid Nabi ini diperuntukkan khusus anak kelas 4 SD sampai kelas 6 SD. Anak-anak yang mengikuti lomba cerdas cermat ini dibagi menjadi beberapa kelompok kecil dan dipilih secara acak oleh tim KKN T 11. 

Kelompok kecil ini berguna untuk tempat mendiskusikan jawaban yang diberikan oleh teman-teman KKN-T kelompok 11. Pertanyaan-pertanyaan yang diberikan adalah pertanyaan seputar Nabi Muhammad SAW dan Al-Qur'an, serta nilai-nilai islam.

"Lomba cerdas cermat ini dibagi menjadi beberapa kelompok kecil dan di acak dengan cara menghitung nomor 1 sampai 6, kemudian yang merasa menyebutkan nomor 1 akan berkumpul dengan teman sesame nomor 1 dan begitu seterusnya," ujar Nadia, wakil ketua KKN-T kelompok 11.

Dok KKN T 11

Hal ini, lanjutnya, dapat memberi pelajaran bagi anak-anak TPQ seperti pepatah yang ada bahwa kerja sama adalah kunci untuk mencapai impian bersama.

Sedangkan untuk lomba mewarnai diperuntukkan khusus anak yang masih PAUD sampai SD kelas 3. Anak-anak yang mengikuti lomba mewarnai ini diwajibkan untuk membawa peralatan mewarnainya sendiri. Dan durasi yang diberikan adalah 40 menit untuk menyelesaikannya. 

Dari kedua lomba tersebut, tim KKN T 11 sudah menyiapkan hadiah-hadiah istimewa untuk anak-anak TPQ Bakhasab. Untuk lomba cerdas cermat, mereka menyiapkan tiga hadiah untuk 3 kelompok poin terbanyak. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline