Lihat ke Halaman Asli

UmsidaMenyapa1912

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Memupuk Tugas Fasilitator PKMU Umsida Melalui Kegiatan ToT

Diperbarui: 7 September 2024   19:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok DAIK Umsida

Setiap tahun sebelum perkuliahan aktif, Direktorat Al Islam Kemuhammadiyahan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (DAIK Umsida) mengadakan Training of Trainer (ToT) fasilitator PKMU atau Pendidikan Karakter Mahasiswa Umsida. Kali ini, kegiatan dilaksanakan di Graha Umsida, Trawas selama dua hari (31/08-01/09/2024).

Lihat juga: Penutupan PKMU 2024, Mahasiswa Diharap Stabil Jasmani, Rohani, dan Ekonomi

Sebanyak 40 mahasiswa Umsida dan alumni dikerahkan dalam kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam membentuk kampus islami. ToT adalah pelatihan pembentukan dan peningkatan kompetensi fasilitator sebagai pendamping dan Pembimbing di PKMU.

Pelatihan fasilitator PKMU merupakan ujung tombak terlaksananya pembinaan karakter bagi mahasiswa baru Umsida. Fasilitator bertugas membimbing, mendampingi pembelajaran baca Al-Qur'an dan pelaksanaan ibadah maghdzoh mahasiswa.

Kelayakan menjadi fasilitator menurut direktur direktorat Al Islam dan Kemuhammadiyahan, Drs Muadz M.Ag dapat dilihat dalam beberapa indikator, "Ada beberapa indikator kelayakan fasilitator, seperti kompetensi dalam membaca Al-Quran, pemahaman dan penghayatan terhadap visi misi Muhammadiyah, serta kompetensi dalam pendidikan. Setidaknya fasilitator akan menjalani serangkaian tes,".

Disambung dengan pernyataan wakil rektor 3 Umsida, Dr Nurdyansyah yang berpendapat serupa, yakni seorang fasilitator harus memiliki karakter uswah, mandiri, sinergi, integritas, dinamis, amanah dalam kehidupan kampus unggul.

Tugas fasilitator PKMU

Fasilitator PKMU memiliki beberapa tugas, diantaranya: 

  • Membina mahasiswa (Baca Quran (BQ), Ibadah, motivasi, kedisiplinan)
  • Membuat jadwal bimbingan secara tatap muka luring di luar jadwal pekan 1-3 sesuai kesepakatan dengan mahasiswa yang dibimbing
  • Mendampingi mahasiswa dalam menyelesaikan tugas individu maupun kelompok
  • Ketika sesi materi, fasilitator berada di ruang kelas untuk membantu menertibkan dan menilai karakter peserta
  • Melaporkan hasil pembimbingan dalam bentuk jurnal bimbingan

Hal yang perlu diperhatikan

Dok DAIK Umsida

Fasilitator PKMU adalah role model karakter (akhlak kampus Islami) bagi seluruh sivitas akademika Umsida di manapun dan kapanpun. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti Ibadah dan cara berpakaian. 

Lihat juga: DAIK Umsida Serahkan Dana Kurban Sebesar Rp 15 Juta Kepada PCM Sedati

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline