Lihat ke Halaman Asli

UmsidaMenyapa1912

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Pakar Psikologi Umsida Tanggapi Tren "Marriage is Scary"

Diperbarui: 19 Agustus 2024   14:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi: Freepik

Akhir-akhir ini, ramai di media sosial tentang tren "Marriage is Scary" atau "Pernikahan Itu Menakutkan". Ditambah lagi, ada beberapa influencer yang mengalami masalah keluarga hingga Kekerasan Rumah Tangga (KDRT). Kejadian itu tentu memantik berbagai reaksi warganet.

Pilihan editor: Apa Baby Blues Termasuk Gangguan Kecemasan? Pakar Umsida Beri Jawaban

Memangnya, apa yang menyebabkan fenomena ini terjadi? Apa dengan banyaknya kasus itu membuat masyarakat memiliki pandangan baru tentang sebuah pernikahan hingga menyimpulkan bahwa "marriage is scary"?

Dalam artikel ini, pakar psikologi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), Ghozali Rusyid Affandi SPsi MA akan menanggapi fenomena itu dari sisi psikologi.

Suatu hal yang wajar

"Marriage is scary itu wajar. Rasa takut itu wajar menjelang pernikahan karena semua orang yang akan menikah tetap merasa khawatir terkait dengan kondisi kehidupan kedepannya," ujar dosen yang sedang mengenyam pendidikan S3 Psikologi Unair itu.

Namun, papar dosen psikologi itu, yang tidak wajar adalah ketika ketakutan itu mengganggu kehidupannya dan menjadi permasalahan. Rasa takut itu akan terus menghantuinya hingga seseorang memutuskan untuk tidak menikah atau mengalami gangguan lain.

Mengapa "Marriage is scary"?

Ilustrasi: Pexels

Dalam konsep psikologi ketakutan seseorang terhadap pernikahan itu tidak bisa dipilah secara ketat. Bisa saja dipengaruhi oleh diri sendiri, lingkungan, dan media sosial.

Dari sisi psikologis, dosen yang akrab disapa Ghozali itu menjelaskan beberapa penyebab perasaan dari tren "marriage is scary", seperti:

1. Ketakutan akan kegagalan menikah, mungkin dari trauma masa lalu atau pengalaman orang terdekat

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline